Jelang Pilpres, ASN Sumbar Berikrar, Ini Bunyinya

1766

HORASNEWS.COM-Aparatur Sipil Negara (ASN)  diharapkan mampu mengajak masyarakat ditempat tinggalnya untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) memberikan hak suara masing-masing sebagai perwujudan kedaulatan rakyat dalam penyelenggaraan demokrasi untuk keberlanjutan pembagunan nasional.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit di apel pagi ASN dilingkungan Sekretariat Daerah  Provinsi Sumatera Barat di halaman kantor gubernur, Senin (15/4/2049).

Hadir juga dalam kesempatan tersebut para Asisten , Staf Ahli Gubernur , Kepala Biro,  Pejabat Eselon III dan IV, Satpol PP serta pegawai Kantor Gubernur.

Wagub Nasrul Abit juga menyampai pada saat melaksanakan pencoblos surat pada hari Rabu 17 April nanti,  agar memeriksa dan mencek dengan benar kertas surat suara terlebih dahulu. Apakah cacat sudah rusak terlobangi atau hal-hal yang membuat hak suara kita menjadi tidak syah.

Perlu ini menjadi perhatian juga bagi masyarakat pemilih agar,  hak suara masyarakat tidak sia-sia sesuai hati nuraninya masing-masing.

Kepada semua ASN diharapkan dapat menjaga netralitas dengan baik dan mengajak masyarakat menjaga keamanan, ketertiban dan kenyaman dilingkungan  masing-masing,  himbau Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit menjelaskan ikrar ini merupakan bentuk komitmen dan  mengingatkan ASN untuk tetap menjaga netralitas dalam proses penyelenggaraan Pemilu yang digelar serentak pada 17 April 2019 yang disampaikan secara terbuka.

Ada pun isi ikrar ASN antara lain :

1.Mendukung suksesnya pemilu serentak tahun 2019, demi terwujudnya sistem pemerintahan presidensik yang semakin efektif berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

  1. Menolak segala bentuk kampanye yang bermuatan kebencian, fitnah dan ujaran bermuatan sara serta hoax.
  2. Mendukung serta mendorong kampanye bermartabat dan beretika serta lebih mengedepanlam adu program -adu konsep -adu gagasan sebagai bahagian dari pendidikan politik yang bermartabat.
  3. Menjaga netralitas dan profesional ASN dalam menyalurkan Hak dan Kewajiban politik secara bertanggung jawab.
  4. Mengajak seluruh warga negara Republik Indonesia untuk mengunakan hal pilihnya secara demoktratis pada tanggal 17 April 2019, demi terwujudnya pembangunan nasional yang berkelanjutan untuk 5 tahun kedepan, serta terwujudnya pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia, serta
  5. Mendukung tetap tegaknya negara kesatuan Republik Indonesia yang berazaskan Pancasila – UUD 1945 – Bhinneka Tunggal Ika.

Demikian pernyataan sikap Aparatur Sipil Negara yang kami sampaikan, dengan rasa penuh  tanggung jawab khususnya demi terwujudnya pemilu serentak 2019 yang bermartabat,  beretika demokratis dalam rangka mendegakan konstitusi negara Republik Indonesia.

” Semoga penyelenggara pelaksanaan Pemilu 2019 akan digelar serentak pada hari Rabu, 17 April 2019 yakni Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, di Sumatera Barat berjalan aman, baik dan sukses,” harap Nasrul Abit. (red)