Jelang New Normal, 600 Mesjid di Padang Gelar Salat Jumat

93

HORASNEWS.COM-Jelan new normal, 600 mesjid di Kota Padang, Sumatra Barat dipastikan menggelar salat Jumat (5/6/2020) besok. Ketua Pimpinan Daerah Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kota Padang, Maigus Nasir meminta pengurus mesjid tidak mengabaikan protoKol kesehatan, sehingga jemaah terhindar dari Covid -19.

Sejumah pengurus mesjid di Kota Padang, Sumatra Barat, Kamis (4/6/2020), mulai mempersiapkan peralatan dan pembersihan mesjid jelang menggelar salat jumat besok. Salah satunya adalah mesjid An-Nur di Kelurahan Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.

Para pengurus mendatangkan tim penyemprot dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, untuk memberikan disinfektan di seluruh ruangan dan pekarangan mesjid.

Penyemprotan ini untuk mematikan virus-virus termasuk Covid -19 agar jemaah yang akan menggelar salat jumat dan lima waktu sehari tidak terjangkit.

Selain penyemprotan, pengurs mesjid juga menyapkan pendeteksi suhu panas dan alat pembersih tangan.

Menurut Ketua Pimpinan Daerah Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kota Padang, Maigus Nasir, dipastikan 600 mesjid di Kota Padang akan menggelar solat jumat besok (5/6/2020), setelah beberapa bulan tidak menggelar ibadah di mesjid.

“Ada 600 mesjid telah memastikan menggelar salat jumat. Kita meminta kepada pengurus untuk mematuhi protokol kesehatan. Termasuk penyemprotan, bagi sakit tidak ke mesjid dan alat pencuci tangan,” ujar Maigus Nasir.

Sementara itu, hingga pukul 8.00 Wib, Kamis (04/06/2020), terkonfirmasi tambahan warga Sumbar positif terinfeksi covid-19 sebanyak 11 (sebelas) orang. Masing-masing, Kota Padang 9 orang, masih dari cluster Pasara Raya, Kabupaten Solok Selatan 1 orang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai 1 orang.

Menurut Jasman Rizal, Kepala Dinas Kominfo Sumbar selaku Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, total warga Sumbar yang telah terkonfirmasi positif sudah 594 orang.(red)