Jalur Lintas Sumatra Sudah Bisa Dilalui

16

HORASNEWS.COM-Jalur Kota Padang-Kota Solok, Sumatra Barat  yang tertimbun longsor pada Rabu 12 Desember 2018 sudah mulai bisa dilalui sepeda motor pada pukul 09.30 WIB.

“Saat ini evakuasi masih dilakukan dan kendaraan roda dua sudah bisa lewat sementara untuk kendaraan roda empat atau lebih masih menunggu proses evakuasi ini,” ujar Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya.

Menurutnya, saat ini pihaknya masih mengatur jalur untuk bisa dilewati oleh pengendara roda dua saja dan jika evakuasi telah selesai dilaksanaka, pihaknya akan mengatur untuk kendaraan roda empat.

Dalam evakuasi tersebut, pihak BPBD Kota Padang menurunkan satu unit alat berat untuk memindahkan tanah yang menghambat jalan.

“Kami harap masyarakat bisa bersabar untuk melewati jalur ini, karena pihak BPBD masih mengusahakan untuk melakukan evakuasi,” lanjutnya.

Sebelumnya, jalur lintas sumatra menghubung Kota Padang, Sumatra Barat dan Kabupaten Muaro Bungo, Jambi tertimbun longsor. Ratusan kendaraan dari dan ke kota padang terjebak dilokasi.

Menurut saksi mata, jalur lintas sumatra menghubung Kota Padang, Sumatra Barat dan Kabupaten Muaro Bungo, Jambi tertimbun longsor di kilometer 25 Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilakang, Kota Padang ini, terjadi pukul 03.40 Wib, Rabu (12/12/2018).

Material longsor terdiri dari tanah bercampur batu dan kayu-kayu kecil menimbul badan jalan sepanjang 30 meter dan ketinggian lima meter. Longsor ini akibat curah hujan cukup tinggi membuat struktur tanah di bukit barisan ini turun ke badan jalan.

Akibat longsor ini, ratusan kendaraan roda dua dan empat terjebak dilokasi. Jalur ini seharusnya jalur alternatif ke Sumatra Utara setelah jalur Kota Padang dan Kota Bukittinggi longsor akibat banjir di kayu tanam.

Longsong kali ini tidak memakan korban jiwa, tetapi pengguna jalur ini terjebak berjam-jam di lokasi. Para pegawai negeri yang hendak ke Kota Padang dan Kota Solok terpaksa tidak bisa masuk kantor, karena masih terjebak.(red)