Inilah Tiga Besar Calon Rektor Universitas Andalas Padang

150

HORASNEWS.COM-Anggota Senat Universitas Andalas Padang, Sumatra Barat tahap awal ini telah memilih tiga dari delapan Calon Rektor (Carek) periode 2019-2023. Ketiganya masing-masing,  Tafdil Husni, Yuliandri dan Hairul Abral.

Pemilihan yang berlangsung di gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang, Selasa (14/5/2019).  Sebelum pemilihan, sidang penyampaian visi dan misi didimpin Ketua Senat Unand Werry Darta Taifur.

Ke 8 Carek, Prof Tafdil Husni SE M BA Ph D, Prof Dr Yuliandri SH MH, Prof Dr Ing Hairul Abral, Dr Henmaidi ST M Eng Sc, Dr Hefrizal Hendra M Soc Sc, Prof Dr Novesar Jamarun MS, Dr Ir Munzir Busniah MSi dan Defriman Djafri SKM MKM P hD.

Dalam visi dan misi, ke delapan Carek ingin kampus Unand lebih berjaya lagi. Seperti percepatan proses Unand menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum. “Unand kedepan harus menjadi perguruan tinggi terkemuka dan bermartabat,” ujar Carek Yuliandri.

Menurut Werry Darta Taifur, setelah penyampaian visi dan misi , mereka akan dipilih menjadi tiga orang. “Dari tiga orang ini akan dipilih menjadi satu pada tanggal 22 Mei 2019 oleh anggota Senat,” ujarnya.

Saat pemilihan, terjadi dua putaran, karena di putaran pertama ada kesamaan suara. Perolehan suara putaran pertama, Tafdil Husni dari Fakulas Ekonomi memperoleh 24 suara, Yuliandri  dari Fakultas Hukum 21 suara, Hairul Abral dari Fakultas Teknik 7 suara, Henmaidi  dari Fakultas Teknik 3 suara.

Kemudian, Hefrizal Hendra dari Fakultas Ekonomi 3 suara, Novesar Jamarun dari Fakultas MIPA 7 suara, Munzir Busniah dari Fakultas Pertanian 2 suara dan Defriman Djafri dari Fakultas Kesehatan Masyarakat 6 suara.

Kerena adanya kesamaan suara di putaran pertama, masing-masing 7 suara yaitu Hairul Abral danNovesar Jamarun. Paniti pemilihan rektor melanjutkan putaran kedua memilih satu diantara Hairul dan Novesar. Perolehan suara diputaran berikutnya ini, Hairul mendapatkan 45 suara dan Novesar 25 suara, satu suara abstain.

Ketiga nama yang memperoleh suara terbanyak Tafdil Husni, Yuliandri dan Hairul yang akan dipilih pada pemilihan berikutnya untuk menjadi satu. (red)

Ini Videonya: