Inilah Puskesmas Unik, Karena Didesain Rumah Adat Mentawai

23

HORASNEWS.COM-Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sarereiket, Dusun Maseppaket, Desa Madobag, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat diresmikan. Puskesmas yang didesain model rumah adat Mentawai ini bisa memberikan pelayanan maksimal kepada 3.500 jiwa di sana.

Peresmian Puskesmas Sarereiket ini berlangsung di Dusun Maseppaket, Desa Madobag, Kecamatan Siberut Selatan, Mentawai, Sabtu (13/4/2019). Hadir Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, Ketua DPRD Yosef dan Forkopimda dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Puskesmas yang didesain model rumah adat Mentawai berada dihulu Sarereiket ini  sebagai daerah wisata budaya dan dapat mewujudkan kawasan yang lebih sehat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar.

Kawasan ini menjadi andalan wisata Mentawai sehingga Puskesmasnya dibangun rumah adat atau Uma. Gedung Puskesmas ini yang kedua dibangun berbentuk rumah adat setelah Puskesmas Simatalu.

Momentum peresmian puskesmas sebagai era baru kesehatan di hulu Sarereiket. Puskesmas ini akan memberikan pelayanan kepda 3.500 jiwa yang berada di Desa Madobag dan Desa Matotonan. “Di dua desa itu ada 17 dusun dan akan dilayanani 45 tenaga medis,” ujar Lahmuddin.

Bupati Mentawai Yudas meminta kepada masyarakat untuk tetap menjaga kearipan lokal sebagai ciri khas daerah Mentawai. Dibangunannya Puskesmas berbentuk rumah adat Mentawai adalah kolaborasi sektor kesehatan dengan pariwisata Mentawai.

Bupati mengajak agar tetap melestarikan Sikerai sebagai bentuk kearipan lokal. Jauh sebelum adanya pengobatan modern, Sikerai sudah ada di Mentawai. “Hal ini sejalan dengan program Pemerintah Mentawai Tujuh Pesan SIKEREI,” ujar Bupati. (red)