Inilah Penampilan Paguyuban Batak Dos Ni Roha di Pameran Ombilin Mining

213

HORASNEWS.COM- Paguyuban Batak ”Dos Ni Roha” kota Sawahlunto tampil di Pameran Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto, di Gedung Pusat Kebudayaan Kota Sawahlunto, Sumatra Barat, Minggu (7/7) malam.

Ketua Paguyuban Batak “ Dos Ni Roha” Sawahlunto J Sihotang menyatakan apresiasi kepada Dinas Kebudayaan, Permuseuman dan Peninggalan Bersejarah (DKP2B) Kota Sawahlunto  karna sanggar seni budaya dibawah bimbingan Paguyuban Batak “ Dos Ni Roha” Sawahlunto diberi kesempatan tampil pada Pameran Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.

”Kesempatan berharga ini sangat disambut baik segenap anggota sanggar serta akan menampilkan beberapa tarian tor – tor serta nyayian batak oleh Trio Resima dan Trio Bhayangkara serta  anggota sanggar” sebut Sihotang.

Sekretaris Paguyuban Batak Sawahlunto, M Situmorang menambahkan persiapan tim kesenian serta personil untuk paduan suara pun sudah disiapkan agar dapat menghibur warga kota Sawahlunto.

“Penampilan kesenian batak ini juga sebagai apresiasi kami kepada pemerintah kota dan warga Sawahlunto yang dapat menerima serta  memberikan ruang bersama dengan seni budaya suku lainnya yang ada dikota ini” sebut Situmorang

Selain pentas seni dan budaya yang ada dikota ini, Pameran Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto yang digelar sejak 4 sampai 9 Juli 2019 mendatang juga menggelar beberapa lomba.

Diantaranya, membuat sketsa dengan objek cagar budaya yang ada di Kota Sawahlunto dan Lomba Jelajah Kota Tua.  Untuk  melestarikan bahasa Tangsi sebagai percakapan sehari-hari, panitia juga mengadakan lomba pidato dengan menggunakan bahasa tangsi  dan lomba membuat souvenir dari batubara. (T.Sim)