Inilah Peluang Kerja di Luar Negeri

16

HORASNEWS.COM-Pemerintah Provinsi kabupaten dan kota di Indonesia diminta untuk memanfaatkan peluang kerja yang disediakan sejumlah negara Seperti Korea, Jepang dan Malaysia bahkan negara di Eropa untuk mengurangi pengangguran di daerah.

Demikian disampaikan Sekretaris Utama Badan  Nasional Penempatan & Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia atau BNP2TKI, Tatang Budie Utama Razak, di Padang, Selasa (6/8/2019).

Tatang pada acara rapat koordinasi peningkatan penempatan Pekerja Migran Indonesia atau PMI formal/profesional ke luar negeri di Padang hari ini mengatakan, jika selama ini pekerja Migran Indonesia dari Sumbar banyak yang bekerja di sektor manufaktur di Malaysia.

Ke depan, tenaga kerja yang dibutuhkan negara lain seperti Korea dan Jepang bahkan di negara Eropa, harus diambil.

Peluang tenaga kerja di berbagai negara sangat terbuka, dan pemerintah daerah sejak dini harus mempersiapkan sumberdaya yang ada.

Di Jepang sebut Tatang, menyediakan peluang kerja di 14 sektor dengan jumlah pekerja yang dibutuhkan 345 orang. Peluang ini dinilai sangat terbuka dengan menyiapkan tenaga kerja yang terampil.

Wagub Sumbar Nasrul Abit mengatakan, pemerintah Provinsi Sumbar tengah menyiapkan tenaga kerja yang terampil yang akan dikirim ke luar negeri.

Ia mengaku, saat ini Jepang, Korea dan Taiwan membutuhkan tenaga kerja yang terampil di bidang teknikal, elektrikal dan perawat.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, baik pemerintah Provinsi Sumbar maupun kabupaten dan kota sudah mempersiapkannya.

Tenaga kerja yang dipersiapkan, terlebih dahulu mengikuti pelatihan di sejumlah Balai Latihan Kerja atau BLK yang ada di Sumbar.

Menurut Nasrul, program pemerintah yang menempatkan tenaga kerja ke luar negeri sangat bagus untuk mengurangi tenaga kerja di daerah.

Saat ini, sebut Nasrul, angkatan kerja di sumbar yang masih pengguguran terdapat 26 ribu. Angkatan kerja pengangguran di Sumbar, didominasi lulusan perguruan tinggi dan SLTA. (red)