Inilah Mesin Pemusnah APD Covid 19

36

HORASNEWS.COM-Warga Tionghoa yang tergabung dalam beberapa perkumpulan menyerahkan satu unit mesin incinerator, alat pemusnah limbah medis termasuk Alat Pelindung Diri (APD) Covid -19 kepada Wali Kota Padang Mahyeldi Ansyarullah.  Alat ini sangat membantu Pemkot Padang karena selama ini sampah Covid-19 dan medis lainnya dikirim ke Jakarta.

Beberapa pengurus perkumpulan Tionghoa di Kota Padang, Sumatra Barat menyerahkan satu unit mesin incinerator atau alat pemusnah limbah medis, termasuk APD Covid-19  kepada Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansyarullah, Jumat (29/5/2020) pagi.

Mereka ini dari pengurus Himpunan Bersatu Teguh (HBT), Himpunan Tjinta Teman (HTT) dan beberapa perkumpulan marga di Kota Padang. 

Alat ini ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dokter Rasidin, sebagai rumah sakit rujukan pemerintah menangani kasus Covid -19 di Kota Padang.

Menurut Sekretaris HBT Kota Padang, Sulaiman Kayo,  pemberian mesin incinerator ini dilatarbelakangi sampah alat pelindung diri Covid-19 atau sampah medis lainnya sebelumnya harus dikirim ke Jakarta. Sehingga selain memakan waktu, juga mengharuskan pemerintah mengeluarkan biaya tambahan.

Alat ini telah diuji coba dan hasilnya cukup sempurna untuk memusnahkan limbah medis di kota padang. alat ini bisa memusnahkan hingga ratusan kilogram sampah medis dalam satu jam. “Nilainya di atas Rp 500 juta,” ujar Sulaiman.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansyarullah sangat terbantu dengan adanya mesin pemusnah sampah medis ini. “Di Kota Padang sendiri  ratusan kilogram sampah medis yang harus dimusnahkan setiap hari. mulai dari  sampah medis rumah sakit, puskesmas hingga kliknik di kelurahan dan perumahan warga,” ujarnya.

Selain memberikan bantuan mesin pemusnah sampah medis, warga Tionghoa ini juga menyerahkan ribuan masker kepada Wali Kota Padang. (Red)