Inilah Bunga Refflesia Terbesar di Dunia, Ada di Agam

36

HORASNEWS.COM-Bunga Rafflesia jenis Tuan Mudae, tumbuh dan mekar di Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Bunga tersebut berdiameter 117 centimeter dan menjadi yang terbesar dari 31 jenis bunga Rafflesia yang pernah ada di dunia.

Untuk mencapai lokasi tumbuhnya bunga rafflesia di jorong Marambuang, Nagari Barangin, Kecamatan Palembayan, kabupaten Agam, kita mesti menempuh berjalan kaki masuk hutan sejauh dua kilometer. Bunga Rafflesia ini tumbuh di kawasan hutan cagar alam Maninjau.

Dari pantauan petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam kabupaten Agam, di kawasan tersebut sudah menjadi tempat tumbuh bunga Rafflesia.

Bunga Rafflesia Tuan Mudae ini, menjadi yang terbesar dari 31 jenis bunga Rafflesia yang ada di dunia, dengan diameter 117 centimeter. Sebelumnya pada tahun 2017, ditempat ini juga mekar bunga Rafflesia Tuan Mudae dengan diameter 107, yang juga menjadi yang terbesar saat itu.

Bunga Rafflesia jenis Tuan Mudae ini pertama kalinya ditemukan di negara Malaysia. Namun bunga jenis ini juga tumbuh di Sumatera Barat, terutama di kabupaten Agam.

“Dari catatan kami, diameter 117 centi ini merupakan yang terbesar dari 31 jenis Rafflesia lainnya di dunia. Ada beberapa knop lagi yang akan mekar dalam waktu dekat, dan ini juga diperkirakan akan berukuran besar, tak jauh beda dengan pendahulunya,” ucap Ade Putra, pengendali ekosistem hutan BKSDA Agam.

Bunga rafflesia jenis Tuan Mudae mirip dengan Raflesia Arnoldi. Perbedaannya terdapat pada bercak kelopak dan warna . Bercak dan kelopak Rafflesia Arnoldi lebih ke arah warna orange, sedangkan Tuan Mudae ke arah merah marun.

Di hutan cagar alam kabupaten Agam ini juga tumbuh puluhan knop bunga Rafflesia jenis Tuan Mudae dan diperkirakan akan mekar tiga bulan kedepan.(Erizal)