Indonesia Dorong Kerja Sama Maritim ASEAN-India di Kawasan Indo-Pasifik

10

HORASNEWS.COM-“ASEAN dan India dapat fokus pada kerja sama maritim yang konkret di kawasan Indo-Pasifik, misalnya pada masalah keamanan dan keselamatan maritim, penanganan sampah plastik laut, konektivitas maritim, dan sebagainya.”  Demikian tutur Direktur Kerja Sama Eksternal ASEAN/Acting Ketua SOM ASEAN-Indonesia, Benny Y.P. Siahaan, pada Pertemuan Ke-21 ASEAN-India Senior Officials’ Meeting (AISOM) di New Delhi, India pada tanggal 11-12 April 2019.

Hal tersebut disampaikan dalam pembahasan mengenai arsitektur kawasan dan hubungan antar negara-negara besar. “ASEAN yang saat ini tengah mengembangkan ASEAN Indo-Pacific Outlook menyambut baik komitmen India untuk berkontribusi pada pengembangan arsitektur kawasan Indo-Pasifik. Mekanisme East Asia Summit yang telah dimiliki ASEAN saat ini akan memudahkan implementasi dan pemajuan kerja sama dimaksud.”

Dalam hal tersebut, Vijay Thakur Singh, ketua Delegasi India mengapresiasi Indonesia atas inisiatif pelaksanaan Pertemuan High Level Dialogue on Indo-Pacific Cooperation tanggal 20 Maret 2019 di Jakarta yang dinilai bermanfaat dan tepat waktu. Ia menegaskan pula komitmen India untuk menjaga stabilitas, perdamaian, dan kemakmuran di kawasan. Kerja sama yang saling menguntungkan senantiasa perlu diutamakan di tengah situasi geopolitik yang dinamis dan upaya negara besar memperebutkan pengaruh di kawasan.

Pertemuan Ke-21 AISOM merupakan pertemuan tahunan Tingkat Pejabat Tinggi antara ASEAN dan India. Pertemuan dipimpin bersama oleh India dan Thailand (selaku negara koordinator kerja sama ASEAN-India) serta dihadiri delegasi negara ASEAN dan India, serta Sekretariat ASEAN. Beberapa rencana kerja sama konkret telah diusulkan dalam Pertemuan, antara lain kerja sama di bidang kemaritiman (blue economy), kebudayaan, iptek, dan rencana kegiatan untuk mengisi Tahun Kerja Sama Pariwisata ASEAN-India pada tahun ini.

Pertemuan juga membahas berbagai hal yang menjadi kepentingan bersama yaitu perkembangan dan arah ke depan kerja sama ASEAN-India antara lain di bidang pemberantasan terorisme, konektivitas, kerja sama ekonomi, perubahan iklim, penanganan bencana, pendidikan, hubungan antarmasyarakat dan lain sebagainya. Selain itu, pada Pertemuan telah pula dilakukan pertukaran pandangan mengenai isu-isu global dan perkembangan arsitektur perekonomian regional, termasuk perkembangan negosiasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

Kerja sama ASEAN dan India telah dimulai pada tahun 1992 dan secara resmi India menjadi Mitra Wicara ASEAN pada 1995. Kerja sama ASEAN-India mencapai tingkat Kemitraan Strategis pada 2012. Pada tahun 2018, ASEAN dan India merayakan hubungan kerja sama 25 tahun kemitraan dengan penyelenggaraan KTT Peringatan ASEAN-India di New Delhi tanggal 25 Januari 2018.

ASEAN dan India juga terus mendorong kerja sama erat di bidang ekonomi dan sosial budaya. Total ekspor barang ASEAN ke India pada 2017 mencapai USD 45,331 miliar, sementara impor barang dari India ke ASEAN sebesar USD 28,299 miliar. Untuk investasi langsung (FDI) dari India ke ASEAN pada tahun 2017 mencapai USD 1,730 miliar. Guna meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi tersebut, the 4th India-ASEAN Expo and Summit telah dilaksanakan di New Delhi pada tanggal 21-23 Februari 2019, untuk mendorong interaksi dan konsolidasi antarpelaku bisnis (B2B) dan antar pelaku bisnis dan pemerintah (B2G).

Di bidang sosial budaya, kerja sama di bidang pendidikan, kebudayaan, dan iptek terus digalakkan. Program kerja sama pendidikan dan kebudayaan terus dilaksanakan secara rutin antara lain ASEAN-India Students Exchange Programme, Special Course for ASEAN Diplomats, Delhi Dialogue, ASEAN-India Media Exchange Programme, ASEAN-India Young Farmers Exchange Programme dan the ASEAN-India Network of Think-Tanks. Selain itu, sejak tahun 2016 India menyiapkan komitmen dana melalui ASEAN-India Science and Technology Development Fund sebesar USD 5 juta untuk melaksanakan berbagai proyek kerja sama iptek. (Sumber: Direktorat Kerja Sama Eksternal ASEAN, Kemlu)​