Indahnya Pantai Belibis di Pariaman, Wako Genius Janjikan Ini

222

HORASNEWS.COM-Wali Kota Pariaman, Sumatra Barat Genius Umar melirik Pantai Belibis di Desa Padang Birik-Birik, Kecamatan Pariaman Utara, menjadi destinasi sisata baru di Kota Pariaman.

Pantai yang dulu lengang ini sekarang menjelma menjadi tujuan warga sekitar dan masyarakat lainya untuk menikmati suasana yang tercipta akibat dari abrasi pantai di daerah tersebut.

Menariknya, makin ramainya Pantai Beibis tak terlepas dari “campur tangan” anak muda yang merupakan Ketua Karang Taruna (KT) Kecamatan Pariaman Utara, Indra Gustiananda bersama jajaranya dan dukungan Kepala Desa dan Karang Taruna Desa Padang Birik-Birik.

“Kami mengapresiasi atas upaya dari pemuda dan masyarakat setempat yang berhasil melihat potensi Pantai Belibis. Apalagi mereka mampu merangkul unsur jajaran desa maupun Karang Taruna Desa Padang Birik-Birik ini,” ujar Walikota Pariaman, Genius Umar, Senin (8/6/2020).

Untuk memajukan Kota Pariaman ini, kata Wako Pariaman, harus melibatkan seluruh komponen masyarakat apa lagi para pemudanya. Mereka mempunyai ide dan gagasan yang up to date dan kekinian, sehingga menarik ketika diimplementasikan.

“Kami berharap semakin banyak anak muda yang terlibat aktif dalam membangun Kota Pariaman ini, apalagi visi kita menjadikan Kota Pariaman sebagai Kota tujuan Wisata, dengan sentuhan dari anak muda inilah, pariwisata Kota Pariaman akan semakin berwarna,” tukasnya.

Kedepan, katanya, akan maksimalkan potensi yang ada di Pantai Belibis ini, sehingga akan semakin menarik dan semakin banyak warga dan pengunjung yang datang ke lokasi ini, yang nantinya berimbas kepada berputarnya roda perekonomian masyarakat sekitar.

Sementara itu Ketua KT Kecamatan Pariaman Utara, Indra Gustiananda mengatakan bahwa dirinya melihat banyak warga yang beraktifitas di lokasi bekas abrasi pantai di Desa Padang Birik-Birik ini, tetapi tidak ada wahana dan permainan yang ada, hanya mandi-mandi saja.

“Karena itu saya berinisiatif bersama dengan KT Desa setempat untuk membuat lapangan bola volly pantai, lapangan futsal pantai dan wahana untuk berswafoto, seperti ayunan, tracking jalan di hutan rumbia serta wahana lainya,” ungkapnya.

Masih ada lagi beberapa wahana yang akan kami buat, seperti name tag dan wahana lainya yang akan mempercantik pantai belibis ini, apalagi dikala senja, sunset yang ada disini menjadi incaran kaum anak muda untuk mengabadikanya.

Indra sapaan akrabnya juga mengucapkan terimakasih kepada pihak Pemko Pariaman dalam hal ini Walikota Genius Umar yang sudah datang bersama rombongan melihat lokasi Pantai Belibis ini. Ditambah lagi niat Wako Genius Umar yang akan menyulap kawasan ini menjadi ikon Destinasi Wisata baru di Kota Pariaman.

“Hal ini akan menjadikan Destinasi Wisata Pantai Kota Pariaman semakin beragam dan tersebar nantinya, tidak hanya menumpuk di Pantai Gandoriah, atau di Kecamatan Pariaman tengah saja,” ulas Indra yang juga merupakan Kepala Dusun di Desa Padang Birik-Birik ini. Ru Irjen

Memang, sebelumnya Pantai Belibis ini adalah pantai yang biasa saja, bahkan tidak terlalu banyak aktifitas warga atau pengunjung yang datang. Tetapi sejak terjadinya abrasi pantai di daerah Manggung sampai Padang Birik-birik yang menyebabkan tertimbunya talao dan rawa yang ada dilokasi ini, semakin mempercantik areal Pantai Belibis.

“Awalnya saya mengetahuinya dari foto-foto yang beredar di media sosial, karena penasaran saya ingin melihat langsung kondisi di lapangan seperti apa, ternyata sangat indah sekali, apalagi banyak masyarakat yang beraktifitas disini, mulai dari olahraga, mandi-mandi di pantai atau talao yang tersisa sampai dengan berswafoto di lokasi ini,” ujar Genius Umar.

Wako Pariaman ini juga mengajak kepada Kepala Desa dan Karang Taruna Padang Birik-Birik yang telah menginisiasi membentuk berbagai wahana yang dibuat sekedarnya, agar dapat dimaksimalkan, sehingga Pantai Belibis ini dapat menjadi Destinasi Wisata baru yang ada di Kota Pariaman.

“Kita mendorong pihak Kepala Desa dan Karang Taruna Kecamatan Pariaman Utara yang telah berupaya untuk mendesain pantai belibis ini menjadi lebih baik dan indah, kita akan mendukung penuh hal ini, dan juga kami berharap peran serta masyarakat sekitar untuk tidak memanfaatkan hal ini dengan hal yang negatif,” tukasnya.

“Kami juga berdiskusi dengan bapak Jonasri, Anggota DPRD yang berasal dari dapil sini, bersama dengan Kabag Pemerintahan, Camat Pariaman Utara dan Ninik Mamak Desa Padang Birik-Birik ini, untuk menelusuri sejarah kembali, dimana tapal perbatasan Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman yang sampai sekarang masih rancu,” ungkapnya. (rls/kominfo)