Hari Juang Kartika ke 73, Danrem Bagi-bagi ini

74

HORASNEWS.COM-Ribuan warga dan anggota TNI makan bajamba (makan bersama) di lapangan Imam Bonjol Padang. Sementara, Kasdam I Bukit  Barisan,  Bigjend  TNI Hasanudin dan Danrem 032/ Wirabraja Brigjend TNI Mirza Agus lempar-lempar uang ke prajurit.

Puncak perayaan Hari Juang Kartika ke 73, di Sumatra Barat dipusatkan di lapangan Imam Bonjol, Kota Padang, Sabtu (15/12/2018) pagi.

Selain dihadiri Kasdam I Bukit Barisan Brigjen TNI Hasanuddin, ribuan warga Padang dan beberapa satuan TNI, Polri dan istansi lainnya, terlibat dalam puncak perayaan kali ini.

Perayaan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini mengutamakan bakti sosial dan memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat Sumatra Barat. Sebelumnya hanya dilakukan upacara dan sedikit bakti sosial.

Menariknya, peringatan hari juang kartika kali ini, menampilkan tradisi Minangkabau, makan bajamba atau makan bersama. Makan bajamba ini dilaksanakan di lapangan terbuka.

Sebelum makan, para peserta terlebih dahulu berdoa dan mengibarkan bendera merah putih, tengan tujuan berjuang untuk membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Para anggota TNI Angkatan Ddarat, Udara dan Laut berbaur bersama kepolisian, masyarakat umum dan pelajar. Mereka makan bersama-sama meski sebagian besar anggota TNI masih memegang senjata laras panjang.

Makan bajamba ini suatu tradisi di masyarakat Minangkabau yang mengisyaratkan kebersamaan dan kekompakan. Sambil makan bersama, sesama pesertapun saling berkomunikasi. seakan tidak ada perbedaan, melainkan sama, satu bangsa Indonesia.

Menurut Kasdam I Bukit Barisan Brigjen TNI Hasanuddin, tema diangkat hari juang kartika tahun 2018 ini, mengabdi dan membangun bersama rakyat. Untuk itu kebersamaan membangun negeri sangat penting dan tidak memilah-milah satu sama lain.

Selain makan bajamba, banyak bakti sosial digelar para tni ini. mulai dari menanam pohon, pembagian sembako, sunatan massal, donor darah hingga bedah rumah masyarakat miskin.

Diakhir acara hari juang kartika ini, diisi dengan panggung hiburan menampilkan artis nasional dan lokal. para prajurit tni, polri dan masyarakat berjoget ria bersama.

Danreem 032/ Wirabraja Brigjen TNI Mirza Agus dan Kasdam I Bukit Barisan Brigjen TNI Hasanuddin turut berjoget bersama. Dalam kesempatan ini, petinggi tni ini sempat membagi dan melempar-lempar uang kepada prajurit. (red)