Hari Ini, Masa Jabatan Anggota DPRD Padang Berakhir

41

HORASNEWS.COM– Kota Padang, Sumatra Barat, tidak memilik anggota DPRD, karena sudah habis masa jabatannya, per 6 Agustus 2019. Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang, Rabu (7/8/2019), tidak dilakanakan rapat paripurna melainkan perayaan biasa.

Sejumlah anggota DPRD Kota Padang, Sumatra Barat, periode 2014-2019, telah mengambil barang-barang atau inventaris pribadi dari gedung DPRD Kota Padang, di Jalan Sawahan, Selasa (6/7/2019) pagi. Hari ini adalah hari terakhir masa jabatan 45 anggota DPRD Kota Padang, periode 2014-2019. Besok mereka tidak berkantor di gedung ini.

Salah satunya anggota DPRD dari Fraksi PPP Maidestal Hari Mahesa mengambil barang-barangnya dari gedung DPRD Kota Padang. Diantaranya, dokumen selama tiga periode di gedung dewan dan plang namanya. “Hari ini hari terakhir saya masuk kantor sebagai wakil rakyat,” ujarnya.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Padang Syahrul membenarkan bahwa tanggal 6 Agustus 2019, hari terakhir anggota dewan periode 2014-2019. Namun, sejauh ini belum ada pelantikan anggota dewan yang baru, hasil Pileg 17 April 2019 lalu belum diagendakan.

Lambannya pelantikan hasil Pileg 17 April 2019, menurut Syahrul, karena tengah dilaksanakan sidang di Mahkamah Konstitusi (MK), karena ada gugatan hasil Pileg lalu.

“Penetapan anggota DPRD terpilih masih menunggu keputusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi,” ujarnya.

Diperkirakan, putusan sengketa Pemilu di MK baru selesai tanggal 9 Agustus 2019. Belum lagi proses di Gubernur Sumbar dan Kemendagri, sehingga ada kekosongan anggota dewan dua minggu ke depan.

Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang ke 350 jatuh tanggal 7 Agustus 2019, tidak ada anggota dewan. Kebiasaannya, setiap HUT Kota Padang dilaksanakan rapat paripurna dan besok tidak ada mewakili anggota dewan, karena pelantikan anggota dewan baru belum ada agendanya,” ujar Syahrul.

Ketua KPU Padang Riki Eka Putra menyebutkan, dalam Undang-Undang MPR, DPR, DPRD dan DPD (UU MD3) tidak diatur adanya perpanjangan masa jabatan anggota MPR, DPR, DPRD dan DPD.

Pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Padang dan KPU RI untuk mencarikan solusinya. (red)