Gempa Bumi Guncang Sumbar, Saat Warga Tengah Tidur Lelap

1300

HORASNEWS.COM– Malam idul adha 2019, sebagian wilayah di Sumatra Barat (Sumbar) dihoyak gempa bumi. Warga sempat keluar rumah menyelamatkan diri dari reruntuhan bangunan.

Data Bdan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kekuatan gempa mencapai 5,3 Skala Richter (SR) pukul 04.11 WIB, Minggu, 11 Agustus 2019.

Hasil analisis BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5,3, yang kemudian dimutakhirkan menjadi M=5,2.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,88 LS dan 99,3 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 97 kilometer arah barat Kota Pariaman, Propinsi Sumatera Barat pada kedalaman 53 kilometer.

Gempa ini tidak berpotensi tsunami ini juga dirasakan di Kota Padang. Warga tengah lelap tidur ini berlarian ke ruah rumah menghindari reruntuhan bangunan. Belum ada laporan adanya kerusakan dan korban jiwa dalam gempa kali ni.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, menyatakan,  memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra. (red)