Erizal Effendi Sosok Pejuang Rakyat dari Sumbar

62

HORASNEWS.COM-Ketokohan seorang Erizal Effendi memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Dua periode ia pernah menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat tepatnya pada periode 1999-2004 dan 2004-2009.

Politisi kelahiran 30 November 1963 ini merupakan salah satu pembela umum untuk Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang. Ia telah bergelut dengan dunia hukum sejak lulus dari Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta tahun 1992.

Di tahun 1995 dia menjadi Direktur Kantor Advokat/Penasihat Hukum Erizal Effendi, SH and Partners. Konsentrasi kerja Erizal fokus pada penegakan hukum terkait permasalahan korupsi dan kasus-kasus struktural yang melibatkan masyarakat awam.

Karier politiknya dimulai tahun 1998. Salah satu pengurus PERADI Padang sejak tahun 2006 ini melihat berbagai permasalahan kompleks yang melanda bangsa Indonesia harus menjadi tanggungjawab bersama.

Selama menjadi anggota DPRD Sumatera Barat, ia menaruh perhatian untuk terus memperjuangkan hak-hak rakyat dan hak adat. Ia pun didaulat sebagai Ketua Pansus Perda Tanah Ulayat dan Pemanfaatannya.

Pembina Badan Advokasi Hukum (BAHU) NasDem dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sumatera Barat ini melihat NasDem sebagai partai yang tepat sebagai alat perjuangannya dalam menegakkan kembali hukum di Indonesia.

Dengan latar belakang yang kuat di bidang hukum, hal pertama yang akan dilakukannya adalah membuat undang-undang sesuai dengan kepentingan rakyat dan berlandaskan pada UUD 1945.

“Hai anak bangsa kembali ke jati dirimu untuk Indonesia satu, semuanya ada karena bangsa ini berpikir secara harmoni,” ungkapnya.

Ia merupakan tokoh pembela hak masyarakat adat melalui berbagai pengalaman dalam memberi bantuan hukum kepada masyarakat miskin dan masyarakat yang awam terhadap hukum dan menguasai hukum serta hukum adat adalah modal yang besar .

Saat ini ia sedang bersiap menyambut perhelatan pemilihan legisalatif sebagai calon anggota DPR RI Partai NasDem Dapil Sumatera Barat II nomor urut 5.

Hal ini jugalah yang menjadikan pondasinya untuk menegakkan hukum di Indonesia agar terwujud dengan seadil-adilnya.(partainasdem)