Emma Yohana Tampung Aspirasi Warga Tapanuli

161

HORASNEWS.COM-Anggota MPR/DPD Republik Indonesia Emma Yohanna menampung aspirasi warga Kota Padang, Sumatra Barat yang berasal dari Sumatra Utara. Aspirasi yang mendesak dikemukakan adalah tempat pandan pekuburan bagi warga Tapanuli dan Mandailing di Kota Padang.

Penuh dengan keakraban, kekeluargaan dan kebersamaan, penyerapan aspirasi yang dilakukan Anggota MPR/DPD RI Emma Yohanna ini cukup berkesan. Acara berlangsung, di Kafe Radja Minas, Kilometer 10 Bay Pass, Padang, Sabtu (2/3/2019) malam.

Hadir Ketua-ketua, Sekretaris dan Bendahara dari 20 organisasi Tapanuli, Mandailing, Pasaman dan Pasaman Barat, yang ada di Kota Padang. Selain itu, dihadiri para tokoh-tokoh (hatobangon) dari berbagai organisasi lain.

Menurut Ketua Pelaksana Bonar Harahap, reses Emma Yohanna awal tahun 2019 ini diikuti 80 peserta yang menyebar di 104 kelurahan atau 11 kecamatan, di Kota Padang.

Pertemuan ini, menurut Bonar Harahap, tidak membicarakan politik menjelang Pemilu 2019, karena posisi Emma Yohanna sebagai Anggota MPR-DPD RI.

“Tidak ada membicarakan politik, melainkan penyerapan aspirasi dan bu Emma menyampaikan Empar Pilar MPR-RI tentang Kebangsaan,” ujarnya.

Paling urgen bagi warga Tapanuli dan Mandailing di Kota Padang tentang pemakaman. Pada umumnya, warga Tapanuli dan Mandailing membawa jenazah keluarga pulang kampung dan memakan biaya cukup mahal.

“Untuk itu, pandan pekuburan sangat perlu bagi kami yang tinggal di Kota Padang ini,” ujar Ahmad Husen Harahap, tokoh masyarakat Tapanuli.

Dialog yang dipandu Iman Partaonan Hasibun itu cukup berkesan, karena banyaknya harapan-harapan ditumpahkan kepada Emma Yohana. Selain pemakaman juga mencuat soal Sopo Godang (Rumah Gadang di Minang) dan ambulance.

Emma Yohana sendiri mengakui sangat memahami aspirasi warga Tapanuli dan Mandailing yang tinggal di Kota Padang. Dia berjanji akan mencari solusi dan membantu warga ini.

Sedikit pandai logat Tapanuli dan Mandailing ini, Emma Yohana berusaha membantu warga Tapanuli dan Mandailing. “Kita akan carikan solusinya dan mengajukan proposal ke beberapa tempat,” ujarnya yang mengakui bermarga Hasibuan ini. (red)