Danau Janji Mahanan Menyimpan Pesona Luar Biasa

91
Bendungan Janji Mahanah (Foto: Horasnews.com)

HORASNEWS.COM-Danau Janji Manahan, di Desa Janji Manahan, Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatra Utara, menyimpan pesona luar biasa. Danau atau disebut warga bendungan ini menjadi objek wisata unggulan di Kabupaten Padang Lawas Utara.

Lokasi danau ini berada sekitar tiga kilometer dari Desa Janji Manahan arah ke Sipiongot atau sekitar 60 kilometer dari Gunung Tua, Ibu kota Kabupaten Padang Lawas Utara ke arah timur.

Di hari-hari libur, seperti lebaran dan minggu, kawasan ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Mereka datang dari berbagai daerah di Sumatra Utara. Mereka ingin menikmati pesona di kawasan danau ini.

Keindahan danau ini, karena dihapit dengan bukit-bukit yang dipenuhi dengan pepohonan karet dan kayu. Sehingga pengunjung betah bertahan di kawasan ini, karena udara nan sejuk.

Anak-anak Bermain Air di Bendungan Janji Manahan (Foto: Horasnews,com)

Para pengunjung juga bisa menikmati air danau ini dengan bermain air menggunakan ban bekas. Pengunjung juga bisa mengelilingi danau menggunakan sped boat yang disediakan pemerintah setempat.

Pengunjung juga bisa berselfi di ketinggian di atas pohon. Danau ini dikelolah oleh masyarakat sekitar.

“Bagus dan enak di kawasan ini karena pesonanya berbeda dengan danau-danau lain di Indonesia,” ujar Hasim Siregar, pengunjung.

Inilah Keindahan Danau Janji Manahan (Foto: Horasnews.com)

Sambil menikmati secangkir kopi khas daerah setempat, para pengunjung juga dimanjakan dengan menyaksikan ikan-ikan yang berada di dalam danau. Ikan ini ditanam oleh masyarakat setempat. Sekali setahun digelar pembukaan ikan larangan.

Menurut pedagang di kawasan ini, Lismar Harahap, di hari lebaran kawasan ini selalu ramai. Para pedagang makanan dan minuman pun panen rezeki. “Rata-rata jual beli ada Rp 2 jutalah setiap hari di hari lebaran,” katanya.

Jika tidak percaya, datanglah ke kawasan ini pasti seru dan nikmat. (red)

loading...