BWS Sumatra V Tanam Ribuan Bibit Pohon di Sumbar

39

HORASNEWS.COM-Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatra V, Kementerian Pekerjaan Umum dan Peruahan Rakyat (PUPR) menanam  ribuan bibit pohon di Sumatra Barat. Menurut Eddy Juarsyah, Direktur Pengembangan Sumber Daya Air Ditjen Sumber Daya Air, penanaman pohon ini wujud kepedulian terhadap lingkungan.

Puncak penanaman pohon digagas BWS Sumatra V, Kementerian PUPR dipusatkan di Danau Compago, Kota Padang, Sumatra Barat, Senin (17/12/2018). Hadir Eddy Juarsyah, Direktur Pengembangan Sumber Daya Air Ditjen Sumber Daya Air, Kepala BWS Sumatra V Maryadi Utama dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sumbar.

Menurut Maryadi, ada 10.600 bibit pohon yang ditanam di Sumatra Barat. Bibit ini terdiri dari pohon mangga, jambu, durian dan lainnya. “Bibit pohon-pohon yang ditanam itu menyebar di beberapa daerah di Sumbar. Misalnya, kawasan Mandeh, Pesisir Selatan dan Tanah Datar,” ujarnya.

Eddy Juarsyah, Direktur Pengembangan Sumber Daya Air Ditjen Sumber Daya Air mengatakan, penanaman bibit pohon ini wujud kepedulian Kementerian PUPR terhadap lingkungan sekitar.

“Sumber air ini harus dijaga dan harus terlibat seluruh komponen masyarakat,” ujarnya.

Penanaman pohon ini sebagai sumber penyanggah air di daerah-daerah. “Kita sangat konsen dan perhatian terhadap air di seluruh Indonesia,” paparnya.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansyarullah sangat mengapresiasi Kementerian PUPR dalam hal ini BWS Sumatra V yang sangat peduli lingkungan di Sumatra Barat. “Saya sangat berterima kasih kepada BWS Sumatra V karena cukup peduli lingkungan di Kota Padang,” kata Wali Kota.

Menanam pohon ini dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia, Hari Bakti PU ke-73 dan HUT Dharma Wanita Persatuan ke -19 dengan tema “ Menanam Pohon Bagi Penyelamatan Lahan dan Air”. (red)