BWS Sumatra V dan Kejati Sumbar Bersih-bersih Danau Cimpago

145

HORASNEWS.COM-Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatra V, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kejaksaan Tinggi Sumata Barat melakukan bersih-bersih Danau Cimpago, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumbar.

Bersih-bersih Danau Cimpago, Kecamatan Padang Barat ini, berlangsung Jumat (12/7/2019) pagi. Hadir Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar Priyanto, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatra V Kementerian PUPR, Maryadi Utama.

Pembersihan danau ini juga diikuti para pegawai BSW dan Kejaksaan serta Pemerintah Kota Padang yang juga melibatkan pecinta lingkungan dan masyarakat.

Pembersihan danau bukan saja dilakukan di pinggir, tetapi Kajati dan Kepala BWS Sumatra V dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sumbar juga membersihkan sampah di tengah danau menggunakan perahu.

Selain pembersihan danau, mereka juga melepas bibit ikan nila dan melepas burung.

Menurut Maryadi Utama, bhakti social ini mengedukasi masyarakat untuk sadar lingkungan. Salah satunya membuang sampah kepada tempat dan menjaga sungai dari kotoran sampah.

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar Priyanto meminta semua elemen masyarakat menjaga kebersihan sungai termasuk danau Cimpago.

Sebelum aksi bersih-bersih danau, mereka menggelar senam kebugaran. Bersih-bersih danau ini juga dalam rangka Hari Bhakti Adiyaksa (HB) ke 59 tahun 2019.

Para peserta juga mendapatkan puluhan hadiah dari panitia, diantaranya satu unit sepeda motor.

Para sponsor dari BNI, PT Semen Padang dan lainnya juga memberikan bantuan untuk kelestarian dan kemajuan danau Cimpago.

Beberapa bulan lalu, BWS juga telah menanam ratusan pohon dibibir danau Cimpago sebagai penghijauan. Kondisi pohon tersebut sudah berkembang dan mencapai 2 meter. (red)