Bule asal Spanyol Maju di Pilkada Samosir tahun 2020

42

HORASNEWS.COM-Seorang warga keturunan Spanyol Carlos Melgares Varon yang sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) mendaftarkan diri maju di Pilkada Samosir 2020 lewat Partai NasDem.

Ketua Tim Penjaringan dan Pendaftaran Balon Bupati Samosir Dewan Pimpinan Dareah (DPD) Partai NasDem Samosir, Melani Butarbutar membenarkan kedatangan bule tersebut.

“Benar, saudara Carlos telah resmi mendaftar ke DPD Partai NasDem Samosir tadi dan berkasnya kami nyatakan sudah lengkap,” tegas Melani, di Samosir, Jumat(18/10).

Carlos Melgares Varon, bule kelahiran Guadix Granada, Spanyol pada 56 tahun lalu, bertekad mengabdikan dirinya kepada masyarakat Kabupaten Samosir, mencalonkan diri sebagai Bupati Samosir melalui Partai NasDem.

Diketahui bahwa dia merupakan mantan pemain sepakbola klub Real Betis pada Liga Spanyol 1982-1985 dan saat ini sudah menjadi warga negara Indonesia sejak tahun 2008.

“Itu sudah lama sekali. Dari Real Betis, saya memilih pensiun dari sepakbola dan menjadi pastor kala itu,” ungkapnya.

Alasannya Carlos mendaftarkan diri sebagai kandidat calon Bupati Samosir karena keinginannya untuk memperbaiki kehidupan masyarakat Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara.

“Visi saya mendaftar Bupati Samosir adalah untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dalam mengangkat hak dan martabat sebagai masyarakat suku Batak yang merupakan ahli waris sebuah adat, kearifan dan budaya yang unik,” ujar mantan pemain La Liga Spanyol tersebut.

Ketua DPW NasDem Sumut, Iskandar ST mengatakan pendaftaran warga keturunan Spanyol tergolong baru. Meski demikian DPD NasDem, menurutnya, akan memperlakukan Carlos sama seperti pendaftar lainnya bahwa yang bersangkutan akan mengikuti seluruh proses dan tahapan yang ada di tim penjaringan.

“Kita akan memperlakukan dia sama seperti yang lain. Persyaratannya kan sudah ada itu aturannya, nah sepanjang dia memenuhi persyaratan tetap kita proses,” sebutnya.

Iskandar mengaku sangat mengapresiasi sikap dari Carlos yang memilih NasDem sebagai partai yang diharapkan akan mengusungnya untuk maju.

Hal ini, menurutnya, tidak terlepas dari posisi Partai NasDem selaku partai yang memiliki platform sebagai partai tanpa mahar.

“Mungkin dia melihat platform tanpa mahar kita sehingga tertarik untuk maju lewat NasDem,” ujarnya.

Sesuai dengan persyaratan, NasDem di Samosir memenuhi syarat untuk mengusung sendiri calon mereka di Pilkada 2020 mendatang. Perolehan 5 kursi pada pemilu legislatif memenuhi syarat minimal 20 persen dari total 25 kursi yang ada di DPRD Samosir.

“Kita bisa mengusung calon sendiri tanpa berkoalisi,” pungkasnya.(sumber: partainasdem.id )