BPN Sumbar Targetkan 85 Ribu Sertifikat tahun 2019 ini

84

HORASNEWS.COM-Kepala daerah di Sumatra Barat menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Peranahan Nasional (BPN) dan Gubernur Sumatra Barat. Menurut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Sumbar menargetkan akan membagikan 85 ribu sertifikat kepada masyarakat Sumbar.

Memorandum of Understanding (MoU) berlangsung di Hotel Pangeran, Kota Padang, Sumatra Barat, Rabu (10/04/2019) pagi. MoU ini disela-sela Rapat Koordinasi Kepala –kepala daerah se-Sumbar.

Hadir para Bupati dan Wali Kota ini diantaranya, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansyarullah, Wali Kota Solok Zul Elfian, Wali Kota Pariaman Genius, Wali Kota Payakumbuh Reza, Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Bupati Agama Indra Catri, Bupati Pasaman Barat Syahiran.

Nota kesepahaman ini, para bupati dan wali kota mensosialisasikan serta mempermudah dalam program Joko Widodo terhadap Pendaftaran Tanah Ssitematik Lengkap (PTSL) di masing-masing daerah.

Menurut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumatra Barat Sudaryanto, tahun 2019 ini menargetkan ada 85 ribu sertifikat dibagikan kepada masyarakat Sumbar. Paling banyak tahun ini di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Sedang tahun lalu hanya 70 ribu sertifikat dengan sistim PTSL dan paling banyak di Kabupaten Solok. Tahun ini ada lonjakan 15 ribu,” ujarnya.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sangat mengapresiasi penandatanganan antara BPN dengan kepala-kepala daerah di Sumbar. Hal ini memudahkan pengurusan sertifikat tanah bagi masyarakat mengingat tanah di Sumbar kebanyakan tanah ulayat. (red)