BPBD Padang Gelar Uji Kontijensi Bencana Tsunami

16

HORASNEWS.COM-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sumatra Barat menggelar uju rencana kentijensi bencana tsunami. Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang Edy Hasymi, kontijensi ini mengukur kesiapan aparat Pemkot Padang menghadapi tsunami.

Uji kontijensi ini berlangsung di Kota Padang, Sumatra Barat, Selasa (12/12/2019). Hadir dari  unsur TNI, POLRI, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Tagana, PMI, Pramuka Peduli, dan insan kebencanaan lainnya.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang Edy Hasyimi, uji kontijensi ini untuk kesiapsiagaan bencana tsunami. Menjadikan Padang sebagai kota Cerdas Bencana.

“Kontijensi merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam tahap kesiapsiagaan dan kegiatan ini diperlukan sebagai langkah kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana termasuk kesiapan masyarakat,” ujarnya.

Penyusunan rencana kontijensi ini merupakan kegiatan yang sangat baik karena  Kota Padang mempunyai ancaman bencana tsunami. Sehingga kesiapsiagaan perlu dibangun.

“Dengan didampingi oleh para narasumber, fasilitor nasional, fasilitator daerah saya harapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan kita siap untuk melakukan uji lapang.” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemaparan dari beberapa narasumber serta diskusi, salah satu narasumber tersebut adalah Novi Kumala Sari yang merupakan fasilitator nasional Renkon BNPB Pusat serta Daryono dari BMKG .

Menurut  Edy Hasymi, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang rencana penyelenggaraan Uji Lapang Rencana Kontijensi (Renkon) Tsunami serta sebagai Pedoman dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan Uji Renkon Tsunami di  Kota Padang.(red)