Belum Dapat Kerja, 11 Program Baru Menanti Anda di BLK Padang

9

HORASNEWS.COM-Kementrian Ketenagakerjaan RI Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Produktifitas Balai Latihan Kerja (BLK) kota Padang, yang beralamat di jalan Sungai Balang Bandar Buat Padang, pada tahun 2019 nanti akan mencanangkan 11 program baru. Program baru ini bertujuan agar nantinya pengganguran di Sumatera Barat dapat berkurang.

BLK kota Padang yang mendapat sokongan dana sebesar Rp 25 milyar melalui program BUMNAG, akan membuka 11 program baru. Kesebelas program tersebut yaitu keterampilan penyediaan layanan makanan dan minuman, penyiapan kamar untuk tamu, front office receptionis, teknisi pendingin AC Split, pengelasan SMAW 3G, juru las 3 MWAW, teknisi audio video, teknisi telepon seluler reparasi perangkat lunak, teknisi telepon seluler reparasi perangkat ketas, program web dan partical office.

Calon peserta pelatihan akan diuji selama dua hari dengan mengukur semangat dan motifasi peserta. Peserta harus mengikuti proses pelatihan 8 jam setiap hari selama satu setengah bulan. Bagi peserta yang berasal dari luar daerah, disediakan mes untuk menginap. Untuk mengikuti program ini, para peserta tidak dipungut biaya alias gratis.

“Program ini bertujuan untuk melatih para peserta pelatihan agar dapat meningkatkan keterampilan, pengetahuan, kebiasaan kerja dan sikap kerja melalui on the job training di perusahaan baik di Sumbar ataupun di pulau Jawa nantinya. Tujuan program ini tak lain adalah untuk mengurangi angka pengangguran di Sumatera Barat.” ujar Syamsi Hari, kepala BLK Padang.

Pada program pelatihan tahun 2018, BLK melatih sebanyak 7904 peserta pelatihan. Diperkirakan tahun 2019 nanti jumlahnya akan bertambah, seiring peningkatan program yang sudah kita persiapkan tersebut. (Erizal)