Bea dan Cukai Teluk Bayur Padang Musnahkan Jutaan Batang Rokok

57

HORASNEWS.COM-Kantor Bea dan Cukai Teluk Bayur, Kota Padang, Sumatra Barat memusnahkan 6,7 juta batang lebih rokok illegal dan barang hasil penindakan lainnya. Barang ini dinilai Rp 4,4 miliar rupiah.

Pemusnahan ini berlangsung di Kantor Bea dan Cukai Teluk Bayur, Kota Padang, Sumatra Barat, Rabu (12/12/2018) pagi. Hadir Kejari, Dandempom, Dirnarkoba, Balai Pom dan Pejabat Bea dan Cukai.

Pemusnahan dengan cara membakar.

Menurut Kepala Bea Cukai Teluk Bayur Padang Hilman Satria, barang yang dimusnakan adalah rokok sebanyak 6.7 84.908 batang yang terdiri dari berbagai merk. Diantranya, Gudang Cengkeh, Luffman, H Mind, Coffee Stik, H Mild dan Sport Gold. Barang ini tanpa dilekati pita cukai. Meski ada, tetapi palsu.

Selain itu, 868 item illegal seperti kosmetik, sex toys, suplemen dan obat-obatan serta makanan anak-anak. Barang imfor ini tidak dapat memenuhi keentuan larangan dan pembatasan sesui dengan peraturan instansi terkait.

Total nilai yang dimusnakan mencapai Rp 4,4 miliar dengan potensi kerugian negera mencapai Rp 2,4 miliar.

Selama periode 2018, Bea dan Cukai Teluk Bayur telah melakukan penindakan rokok illegal sejumlah 19.592.586 batang dengan nilai Rp 12.9 miliar lebih. (red)