Banjir dan Pohon Tumbang Hantam Kota Padang

313

HORASNEWS.COM-banjir dan pohon tumbang melanda Kota Padang, Sumatra Barat. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, tetapi ratusan rumah warga terendam banjir, akibat curah hujan cukup tinggi.

Sejak Kamis (9/1/2019) sore, Kota Padang, Sumatra Barat diguyur hujan insensitas cukup tinggi. Hujan ini mengakibatkan sejumlah pemukiman dan ruas jalan yang berada di dataran rendah, di Kota Padang terendam banjir.

Misalnya, ratusan rumah di perumahan Jundul, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang terendam banjir setinggi empat puluh sentimeter. Warga terpaksa dievakuasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang.

Selain pemukiman, banjir juga menggenangi ruas jalan di Kota Padang. banjir ini dijalanan ini akibat curah hujan tinggi sehingga slokan tidak mampu menampung curah  hujan. Ditambah lagi banyaknya slokan pembuangan air di pinggir jalan tersumbat.

Selain banjir, pohon tumbang juga terjadi di beberapa titik karena angin kencang disertai hujan. Misalnya, pohon pelindung tumbang hingga menimpa sekolah, di kawasan Koto Luar, Kecamatan Pauh, Kota Padang.,

Pohon pelindung yang berukuran panjang 16 meter ini menimpa pagar depan sekolah Ibtidaiyah Negeri 4 Kota Padang.

Petugas BPBD Kota Padang yang mendapatkan informasi langsung datang ke lokasi guna mengevakuasi material pohon yang melintang dan menghambat lalu lintas di kawasan tersebut.

Petugas dengan menggunakan gergaji mesin berupaya mengevakuasi material pohon dari badan jalan selama satu jam lebih.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun selain rusaknya pagar sekolah, pohon tumbang ini juga mengakibatkan terganggunya akses lalu lintas warga di kawasan tersebut.(Red)