Banjir dan Galoda di Solok Selatan

20

HORASNEWS.COM- Selain banjir yang memutuskan jembatan kabupaten Solok Selatan, hujan deras yang terjadi minggu malam (24/11/2019) juga mengakibatkan galodo atau banjir bandang disertai longsor.

Galodo terjadi di jorong Pintu Kayu Gadang nagari Pakan Raba’a Timur kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) Solok Selatan.

Galodo menghancurkan tiga rumah, dua lagi rusak berat dan membuat warganya mengungsi ke rumah sanak famili yang aman. Selain itu, satu mesjid dan satu Taman Kanak-Kanak juga mengalami rusak berat.

Galodo terjadi Minggu malam sekitar pukul 19.00 wib akibat hujan lebat yang mendera kawasan itu. Longsor disertai air bah dan material tanah setinggi lebih kurang lima meter, menimbun permukiman warga.

Ada sebanyak tujuh titik lokasi lkngsor yang juga menutup akses jalan, sehingga warga menjadi terisolasi karena tak bjsa dilewati kendaraan baik roda empat ataupun roda dua.

Galodo juga mengakibatkan warga kekurangan pasokan air bersih serta penerangan listrik yang rusak dihantam galodo.

Saat ini warga yang rumahnya rusak ditimbun longsor, memerlukan bahan bahan kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan dan pakaian.(art)