Bangun Ekonomi Kreatif Desa, Pertamina Berdayakan Potensi Lokal

8

HORASNEWS.COM-Pada masa sekarang, sektor kreatif berpotensi untuk menggerakan perekonomian nasional. Pada tahun 2018 saja, berdasarkan survey yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) dan juga Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) ekonomi kreatif di Indonesia tumbuh sebesar 5,16 persen.

Ekonomi kreatif kini menjadi sektor yang menjanjikan melihat tren perekonomian dunia mulai bergeser pada yang berbasis ide, kreativitas, dan juga inovasi. Memanfaatkan potensi lokal, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I meneruskan program CSR, Bangun Industri Desa (BID) di Kecamatan Teluk Kabung. Program ini dilaksanakan oleh Terminal BBM (TBBM) Teluk Kabung, bekerja sama dengan PKPU Human Initiative.

“Program ini diinisiasi sejak tahun 2018 bersama kelompok Batuang Srikandi Nusantara. Kami membina kelompok ini dengan konsep klaster berdaya untuk peningkatan ekonomi pada bidang kelompok pengolah dan pemasar perikanan,” tutur Ahmed Syarif Ramadhan, Pjs. Operation Head (OH)Terminal BBM Teluk Kabung pada kegiatan peluncuran program, Kamis (17/10) di Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Teluk Kabung, Sumatera Barat.

Upaya TBBM Teluk Kabung dalam memberdayakan masyarakat Kelurahan Teluk Kabung Utara pada tahun ini difokuskan pada tiga program untuk mengoptimalkan potensi kreativitas. Yaitu pengembangan produksi olahan ikan seperti Stik Ikan, Keripik Ikan, Batuang Fish Nastar. Kemudian usaha pengelasan dan usaha jahit-menjahit. Dalam program ini, Pertamina menganggarkan sebanyak hampir 230 juta rupiah.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan, Vebria Antoni Putra, menyatakan bahwa program BID Pertamina berdampak positif bagi masyarakat. “Dengan program ini, kami berharap Pertamina TBBM Teluk Kabung dapat membina warga untuk menghasilkan produk-produk terbaik. Sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” ucap Anton.

Kegiatan peluncuran program dihadiri juga oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Ir. Zirma Yusni, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumbar, Ratnawilis, A.Pi, M.Si, Direktur PKPU Sumbar, Hendra, Camat Teluk Kabung, Dasmiza Tayeib, S.Sos, serta Lurah Teluk Kabung Utara, Afridon.(REL)