Ayo Donor Darah di Bulan Puasa, Ternyata Manfaatnya Seperti Ini !

73

HORASNEWS.COM-PMI Kota Padang dan Plaza SJS di Kota Padang, Sumatra Barat menggelar donor darah bagi pengunjung. Di Kota Padang setiap bulan puasa, hampir 60 persen pendonor  mengalami kekurangan, sehingga berdampak pada pasien rumah sakit yang membutuhkan darah minimal 100 kantor per hari.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansyarullah, Ketua PMI Sumtera Barat Aristo Munandar,  Direktur UDD PMI Padang dr. Widyarman dan Direktur Plaza SJS Padang Edwar Pasaribu mengampanyekan donor darah di bulan puasa, Senin (6/5/2019) malam.

Seperti biasa, sebelum donor darah Irwan Prayitno terlebih dahulu menjalani pemeriksaan golongan darah, cek tekanan darah dengan tensi 120 per 80 kadar haemoglobil (HB) 15,4 dan berat badan 68 kg.

Gubernur Irwan Prayitno mengajak warga Sumbar untuk rutin melakukan donor darah untuk menjaga kesehatan dan stok darah yang dikelola PMI, walaupun saat ini bulan Ramadhan.

“Biasanya stok darah di PMI Sumbar, saat bulan Ramadhan ini memang terjadi pengurangan, dengan jumlah pendonor darah berkurang hampir sebanyak 60 persen,” tutur Irwan Prayitno.

Gubernur Irwan Prayitno mendukung langkah PMI untuk terus melakukan kampanye dan sosialisasi terkait donor darah di plaza dan instansi. Dan dia berharap kegiatan ini diikuti oleh masyarakat Sumbar.

“Alhamdulillah, saya telah donorkan darah sebanyak kira-kira 350 cc, tidak ada rasa sakit sama sekali dan ini tidak saya rasakan akhirnya cepat selesai,” ucap gubernur.

Gubernur menghimbau seluruh masyarakat untuk terus donor darah, jangan takut karena melaksanakan puasa, bisa dilaksanakan malam harinya. Justru di bulan Ramadhan baik untuk amalan yang berlipat ganda. Karena donor darah itu bisa membantu orang lain, bisa menyelamatkan orang lain.

Acara donor darah yang diinisiasi oleh SJS Plaza bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Sumbar. Padang Butuh Darah 100 Kantong Perhari.

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang kembali menggelar aksi donor darah yang ke-4 kalinya di setiap bulan suci Ramadan di SJS Plaza jl. Jhoni Anwar, Lapai, Kecamatan Nanggalo.

Wali Kota Padang Mahyeldi yang juga Ketua PMI Kota Padang menyumbangkan darahnya dalam kegiatan kemanusiaan. Kegiatan donor darah ini sangatlah penting mengingat Kota Padang saat ini membutuhkan darah sebanyak 100 kantong per harinya.

Tahun-tahun sebelumnya, kegiata donor darah selama ramadhan di plaza ini bisa mengumpulkan ribuan kantong darah. Tahun ini target panitia minimal 2000 kantor darah.

Pendonor bukan saja dari para pengunjung dan karyawan SJS Plaza, tetapi beberapa kelompok masyarakat seperti Himpunan Bersatu Teguh (HBT) dari kawasan pecinan Kota Padang juga sudah mendaftarkan 300 orang pendonor.

Selain itu, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintahan Provinsi juga sudah disurati Gubernur agar ikut serta berdonor disini. “Begitu juga para ASN Pemko Padang, juga sudah saya surati,”tambah Direktur Utama Plaza SJS Edwar Pasaribu. (red)