Angka Kematian Ibu dan Anak Terus Turun di Mentawai

9

HORASNEWS.COM-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat terus menekan angka kematian ibu dan anak. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar, rendahnya angka kematian ibu dan anak karena peran serta penyuluh kesehatan di tengah masyarakat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar, pengetahuan tentang  kesehatan ibu dan anak sangat penting khususnya dalam menekan jumlah kematian ibu dan anak.

Jumlah kematian Ibu dari tahun ke tahun terus menurun  di Mentawai. Dari tahun 2015  hanya 9 orang turun di tahun 2016  jadi 6 orang. Begitu juga di tahun  2017 hanya 6 orang menjadi  turun tahun 2018  hanya 5 orang.

“Penurunan kematian bayi juga terus mengalami penurunan. Namun untuk  menekan kematian ibu dan bayi harus terus dilakukan upaya kesehatan secara berkesinambungan,” ujar Lahmuddin, Jumat (8/11/2019).

Saat ini, pihaknya menggelar Lomba Penyuluhan Kesehatan Ibu dan Anak, karena peran mereka sangat tinggi di tengah-tengah masyarakat.  Peserta lomba tingkat kabupaten ini berasa dari Kepala Dusun, Toma, Tokoh Pemuda dan Keder Posyandu sebanyak 10 orang dari 10 Puskesmas.

Inilah para juara

  1. Juara I Jhon Aliaman Purba (Sikakap)
  2. Juara II Jimmi Ricard Haris (Sioban)
  3. Juara III Neyelina (Saibi Samukop)
  4. Harapan I Bitcar Saleleubaja (Muara Siberut)
  5. Harapan II Erlius Rugi (Simatalu)
  6. Harapan III Marlina (Sigapokna)