Aksi Cerdas di Bawah Kepungan Asap Tetangga

15

HORASNEWS.COM-Puluhan Badan Eksekusif Mahasiswa (BEM) Universitas Andalas Padang, Sumatra Barat menggelar aksi cerdas di bawah kepungan asap. Aksi ini menyadarkan masyarakat dan pemerintah bahaya kebakaran lahan di sejumlah provinsi, termasuk provinsi tetangga, Riau.

Aktivis lingkungan dari Universitas Andalas (Unand) Kota Padang, Sumatra Barat ini berlangsung di tengah ribuan warga Padang menggelar Car Free Day di kawasan Gor Haji Agus Salim Padang, Minggu (15/09/2019) pagi.

Mereka mengusung beberapa spanduk, poster sambil menutup mulut dengan masker. Mereka juga membawa pocong yang mengisyaratkan udara di Kota Padang sudah tidak sehat lagi.

Menurut Koordinator aksi Arif Zulfiansah Siregar, aksi ini bertujuan memberikan pencerahan kepada masyarakat agar mewaspadai bahaya asap akibat kebakaran lahan. Sehingga mereka membagi-bagikan masker kepada peserta Car Fre Day.

“Kemudian menyadarkan pemerintah kenapa ada lagi pembakaran lahan di daerah-daerah. Seperti Provinsi Riau yang berimbas asapnya ke Sumatra Barat,” ujar Arif.(red)