Ada Durian Danau Cimpago di Kota Padang

170

HORASNEWS.COM-Berbagai cara dilakukan untuk menjadi daya tarik masyarakat berkunjung ke Kota Padang, Sumatra Barat. Salah satunya membuat inovasi wisata baru, perpaduan kuliner dengan alam. Kali ini, pengunjung Kota Padang bisa makan Durian Danau Cimpago, di bibir danau yang berada di jantung Kota Padang.

Danau Cimpago, di Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatra Barat, terus bersolek. Jumat (16/01/2020) sore, pemerintah Provinsi Sumatra Barat bersama Balai Wilayah Sungai V Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaunching Kafe Durian Danau Cimpago di kawasan ini.

Objek wisata ini perpaduan antara kuliner dengan alam Danau Cimpago dan kawasan Pantai Padang. Para pengunjung bisa menikmati durian dari berbagai daerah di Sumatra Barat di sini. Misalnya, durian terkenal dari Pesisir Selatan, Limahpuh Kota, Pasaman Barat, Sijunjung dan Kota Solok.

Durian ini bisa dibuka langsung disantap di kawasan ini sambil menikmati indahnya danau. Apalagi durian ini dicampur dengan khatan atau pulut. Harga per porsi Durian Danau Cimpago ini tidak terlalu mahal, hanya Rp 10.000 hingga Rp 25.000 per porsi, tergantung besar dan kecilnya durian.

Menurut Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) V Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Maryadi Utama, kuliner Durian Danau Cimpago ini dilaunching untuk menambah daya tarik wisatawan ke Kota Padang.

Selain itu, bisa melestarikan objek wisata Danau Cimpago yang berada di jantung Kota Padang ini. Sebelumnya, danau ini sangat kotor karena sampah. Namun, sejak ditangani Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, danau ini menjadi objek wisata baru.

“Kita minta masyarakat lebih melestarikan danau ini karena menjadi objek wisata baru. Untuk itu, pengelolaan danau dan kafe Durian Danau Cimpago ini diserahkan kepada masyarakat sekitar,” ujar Maryadi.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit sangat mengapresiasi objek wisata baru perpaduan kuliner dengan alam ini. “Saya mengajak masyarakat Sumbar untuk menikmati Durian Danau Cimpago cukup nikmat ini,” pesan Wagub.

Selain menikmati durian dan wisata Danau Cimpago, pengunjung bisa menikmati keindahan Pantai Padang. Di kawasan ini juga tesedia praktek dan tumbuh-tumbuhan hidroponik (tanaman berbasis modern). Jika ke Kota Padang tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi Durian Danau Cimpago, karena lebih nikmati lagi dari Durian Ucok di Kota Medan. (red)