516 PNS Kota Medan Diambil Sumpahnya

143

HORASNEWS.COM-Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si., M. H., diwakili Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD dan PSDM), Muslim, S. Sos., M. S. P., mengambil sumpah dan mengukuhkan 516 Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemko Medan, Selasa (1/10) di Aula Gedung P4TK.

Pengambilan sumpah ini berlangsung khidmat. Diawali dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan kemudian dilakukan pembacaan sumpah janji PNS di bawah panduan Kepada BKD dan PSDM. Selanjutnya, setelah penandatangan surat keputusan, dilakukan pengukuhan, dan penyerahan surat keputusan secara simbolis kepada beberapa PNS yang telah diambil sumpah janjinya.

Melalui amanat tertulis yang dibacakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD dan PSDM), Muslim, S. Sos., M. S. P., Wali Kota mengatakan, Pengawai Negeri Sipil merupakan aparatur negara memiliki arti yang sangat strategis dan mempunyai peranan yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Di samping itu, lanjut Wali Kota, Pegawai Negeri Sipil juga sebagai kader dalam birokrasi yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan nantinya, serta memiliki peranan yang besar dalam mewujudkan good governance.

Wali Kota juga mengingatkan, hakikatnya sumpah dan janji yang dilakukan para PNS hari ini bukan saja merupakan kesanggupan terhadap atas yang berwenang, tetapi kesanggung terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bahwa yang bersumpah dan berjanji akan menaati segala keharusan dan tidak melakukan larangan yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Sumpah dan janji yang Saudara ucapkan tadi tidak hanya sebatas di lisan saja, tapi diresapi dan dihayati dalam hati kemudia diterapkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai PNS di lingkungan Pemko Medan,” ujar Wali Kota.

Kepada para PNS yang baru mengucapkan sumpah dan janji itu, Wali Kota juga berpesan agar dalam menjalankan tugak pkok dan fungsinya harus mengedepan etika moral, kejujuran, keiklasan, dan memiliki rasa tanggung jawab serta terus meningkatkan kemampuan dan kualitas diri.

Acara ini diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dan berfoto bersama.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan