Warga Solok Tolak Panas Bumi

HORASNEWS.COM-Warga Batu Bajanjang, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok, Sumatera Barat menolak pembangunan energi panas bumi di daerah mereka. Menurut mereka dampak dari pembangunan ini akan merugikan masyarakat yang berada disekitar lokasi.

Penolakan warga ini disampaikan, saat dialog masyarakat dengan pihak pemerintah daerah pada akhir pekan lalu, warga yang berada persis disekitar lokasi akan dibangunya pengeboran panas bumi ini menolak atas keberadaan proyek nasional pemerintah tersebut.

Pembangunan pengeboran panas bumi atau geothermal ini, direncanakan akan dibangun di sekitar gunung talang oleh perusahaan PT Hitay Geothermal Energi berada persis diatas daerah Batu Bajanjang tersebut.

Menurut warga sekitar, dari pembangunan pengeboran panas bumi ini, akan berdampak negatif bagi kelangsungan hidup mereka kedepan, terutama disegi mata pencarian mereka yang rata-rata bertani.

Dari analisa warga, dengan dibangunnya pengeboran panas bumi ini akan berdampak kepada, berkurangnya debit air yang akan mengaliri areal pertanian mereka, kemudian dari pembangunan pengeboran panas bumi ini akan membuat adanya gempa-gempa bumi.

“Selain itu, dampak dari lingkungan lainnya yang akan merugikan masyarakat sekitar, dan akan berefek terhadap rusaknya areal pertanian warga,” ujar tokoh masyarakat Yas Mulyadi.

Dari penolakan tersebut, masyarakat telah membuat surat pernyataan penolakan yang ditembuskan kepada Gubernur Sumatera Barat, mentri lingkungan hidup dan kehutanan hingga ke Presiden, yang ditanda tangi lebih dari 2.000 warga.

Bupati Solok Gusmal mengatakan, persoalan ini merupakan ketidak pahaman masyarakat atas pembangunan proyek panas bumi ini.

“Kegiatan ini akan memebrikan dampak yang positif terhadap masyarakat. Pemerintah telah mengkaji secara dalam atas dampak yang ditimbulkan. Namun hingga saat ini proyeyk pembangunan panas bumi ini merupakan salah satu energi yang ramah terhadap lingkungan,” ujar Bupati. (Diky)

loading...

Tuliskan Komentar Anda