TNI Harus Netral di Pilkada Tahun 2018

HORASNEWS.COM-Mengingat begitu pentingnya sikap Netralitas bagi soliditas Satuan dan pembangunan profesionalisme TNI, maka masalah Netralitas TNI harus benar-benar dipahami, dihayati dan diimplementasikan dalam kehidupan prajurit TNI khususnya Personel Administrasi Veteran dan Cadangan (Mivetcad) di wilayah Sumatera Barat dalam Pilkada 2018 secara serentak.

Agar memahami, menghayati dan memimplementasikan dalam kehidupannya Prajurit dan PNS Minvetcad se Sumatera Barat diberikan sosialisasi tentang Netralitas TNI dalam rangka Pilkada 2018 secara serentak di Indonesia di Kantor Administrasi Veteran Dan Cadangan (Kanminvetcad) 1/27 Padang, Selasa (13/2)

Ketua Minvetcad Mayor Caj Trinasional menyampaikan bahwa Pemilu/Pemilukada mempunyai nilai yang sangat strategis bagi perjalanan Bangsa Indonesia ke depan. Sesuai UU No 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 2 ditegaskan bahwa Tentara Profesional ialah Tentara yang tidak berpolitik praktis, dimaknai dengan Konsistensi Netralitas TNI yang merupakan bagian dari komitmen TNI dalam rangka ikut serta menyukseskan Pemilu/Pemilukada, dimana TNI lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan negara dengan mengedepankan Sikap Netralitas TNI.

“Kami sudah mendapat pembekalan dari KPU Kota Padang dan Bawaslu Kota padang tentang pemahaman Netralitas TNI yang diberikan kepada setiap Prajurit dan PNS Minvetcad Sumbar. Dan instruksi dari komando atas, untuk memastikan anggota tidak terlibat dalam politik pilkada setiap pimpinan atau Ketua Minvetcad secara continue mengecek tentang langkah-langkah anggota di lapangan. Untuk hal pencegahan pelanggaran Nertralitas di Pilkada atau poemilukada ” ungkap Tribasional

perwakilan Bawaslu Kota Padang Yunasti Hogmi, SH. mengatakan, untuk anggota TNI yang ikut mencalokan sebagai Kepala Daerah, sesuai atuaran undang-undang PKPU Pasal 7 Ayat 2 secara tegas diatur, bahwa anggota TNI, harus menyatakan secara tertulis mengundurkaan diri sebagai Tentara Nasional Indonesia.

Ketua KPU Kota Padang Drs. M. Sawati, MSi mengatakan, tujuan sosialisasi ini agar anggota TNI dan PNS Minvetcad Sumbar lebih memahami tentang Netralitas TNI-Polri di dalam Pilkada 2018

Hadir dalam acara sosialisasi Netralitas TNI ini, Para Kepala Minvetcad Se Sumatera Barat, Perwira, Bintara dan PNS. (REL)

loading...

Tuliskan Komentar Anda