Tim Jelajah Desa Sisir Sejumlah Kabupaten/Kota di Sumbar

HORASNEWS.COM-Tim jelajah desa atau nagari sisir sejumlah kabupaten dan kota di Sumatra Barat. Staf ahli kebijakan strategis Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Febby Datuk Bangso mengatakan, jelajah desa ini melihat sejauh mana serapan dana desa dan melihat pertumbuhan Badan Usaha Milik Desa/ Nagari (BUM-Desa/Nag).

Pelepasan tim jelajah desa bersangsung di kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Jalan Pramuka, Kota Padang, Sumatra Barat, Sabtu (9/6/2018) pagi.  Tim jelajah ini meninjau dana desa di Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pasaman Barat. Kabupaten Pasaman, Kota Bukittinggi dan Kota Payakumbuh.

Menurut Staf Ahli  Kebijakan Strategi Kemendes PDTT Febby Datuk Bangso, jelajah desa atau nagari ini bertujuan melihat sejauh mana serapan dan fungsi bantuan desa mulai tahun 2015-2018 ini.

“Kita akan melihat apakah dana desa memberi dampak pertumbuhan ekonomi atau belum. Selain itu  juga akan menerima masukan dan harapan-harapan nagari atau desa di Sumbar,” ujar Febby.

Selain melihat dana desa, tim juga akan memantau pertumbuhan Badan Usaha Milik Nagari (BUM-Nag). Pasalnya, tahun ini saja dari Rp 90 miliar dana BUM-Des / BUM-Nag, sebanyak Rp 6 miliar untuk Sumatra Barat.

“Di Sumbar ada 120 BUM-Nag menerima modal segar, masing-masing BUM-Nag mendapatkan rp 50 juta,” tambah Febby.

Selama kunjungan  nantinya, kata Febby, akan menjadi evaluasi kepada Menteri PDTT.

Menurut Kepala Bidang Pemerintahan Desa, PMD Sumbar Azwar, ada beberapa desa / nagari di Sumbar bermasalah dengan dana desa. Hal ini disebabkan antara badan musyawarah desa dengan kepala desa setempat, tentang bagaimana pencairan dana desa.

Di Sumbar ada 928 nagari dan desa (808 nagari dan 120 desa) masing-masing minimal mendapatkan dana desa Rp 800 juta hingga Rp 1,2 miliar. “Besaran penerimaan dana desa itu tergantung jumlah penduduk  dan luasnya desa,” ujarnya.

Menurut dia, keberadaan dana desa sangat besar bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat desa. (red)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here