Tarekat Naqsyabandiyah Sudah Dua Malam Taraweh

HORASNEWS.COM-Pengikut tarekat naqsyabandiyah di Kota Padang, Sumatra Barat sudah dua malam menggelar salat tarawih. Jemaah ini sudah melaksanakan satu hari ibadah puasa Senin (14/5/2018).

Puluhan jemaah Surau Baru, di Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatra Barat sudah hari kedua (Senin / 14-05-2018) melaksanakan ibadah salat tarawih.

Mereka sudah melaksanakan satu hari ibadah puasa menahan makan dan minum siang hari. “Kami malam ini, malam ke dua salat tarawih dan besok (15/05/2018) hari kedua melaksanakan ibadah puasa,” ujar Azhar.

Dalam melaksanakan ibadah salat tarawih, mereka diimami Azhar yang diikuti 25 jemaah sudah berumur ini. Seperti tahun-tahun lalu, salat tarawih di sini 23 rakaat, sudah termasuk tiga rakaat salat witir.

Setelah saat tarawih, mereka menggelar ratib bersama dan diakhiri dengan doa.

Selain Jemaah Surau Baru ini, jemaah Mesjid Ma’mur sekitar 500 meter dari lokasi Surau Baru juga menggelar salat tarawih secara berjemaah.

Seperti tahun-tahun lalu, pengikut tarikat naqsabandiyah di Kota Padang ini dua hari lebih awal melaksanakan ibadah puasa, idul fitri dan idul adha. Mereka memiliki penghitungan bulan tersendiri dan tidak mengikuti penghitungan ummat muslim pada umumnya, termasuk perhitungan pemerintah.

Dalam penghitungan mereka, awal puasa tahun 2018 atau 1439 hijiriah kali ini jatuh pada Senin. Penghitungan ini setelah melihat dan menghisab bulan. Sehingga pengikut ini setiap tahun genap 30 hari melaksanakan ibadah puasa.

Sementara itu, ummat muslim pada umumnya baru melakukan penghitungan bulan pada Selasa dan Rabu. Diperkirakan secara umum melaksanakan ibadah puasa pada Kamis (17/05/2018) depan. (red)

loading...

Tuliskan Komentar Anda