Ribuan Warga Sumbar Protes Myanmar

HORASNEWS.COM-Ribuan masyarakat Kota Padang, Sumatera Barat melakukan aksi solidaritas “Bela Muslim Rohingya” dengan melakukan aksi jalan kaki sebagai bentuk protes terhadap kekerasan yang terjadi di Myanmar.

Ribuan warga itu berjalan kaki sepanjang dua kilometer dari Masjid Agung Nurul Iman menuju Kantor Gubernur Sumatera Barat di Padang, Jumat.

Para peserta membawa berbagai spanduk dengan berbagai tulisan seperti “Peduli Muslim Rohingya”, Rohingya Terluka”, “Ayo Tolong Mereka, “Save Rohingya”, “Stop Killing Muslim Rohingya”.

Selain melakukan orasi para peserta juga mengumpulkan donasi di sepanjang jalan yang mereka lalu, mulai dari Masjid Agung Nurul Iman menuju kawasan Imam Bonjol lalu ke jalan Permindo lalu melewati Jalan Ratulangi kemudian ke Kantor Gubernur Sumbar yang terletak di Jalan Sudirman.

Wakil Ketua Forum Masyarakat Minangkabau (FMM) Irfianda Abidin mengatakan kami mengecam tindakan pembantaian yang dilakukan militer Myanmar terhadap muslim Rohingya.

“Sudah ribuan saudara muslim kita yang dibunuh, kami meminta pemerintah Indonesia mengambil sikap terkait persoalan ini,” kata dia.

Pihaknya juga menuntut pemerintah menarik duta besar dari Myanmar dan mengusir duta besar Myanmar dari Indonesia. Selain itu kami meminta agar nobel perdamaian milik Aung San Suu Kyi juga dicabut akibat persoalan ini. (Amri)

loading...

Tuliskan Komentar Anda