RI Juara 3 Di Festival Musik Tradisional Uzbekistan

HORASNEWS.COM-Musik Indonesia kembali mengharumkan di luar negeri ketika nama Indonesia dipanggil sebagai juara 3 dari 70 negara peserta pada Sharq Taronalari (Melodies of the East) 2017 yang berlangsung tanggal 25-30 Agustus 2017 di Samarkand, Uzbekistan.

Tim Indonesia, yang diwakili oleh  INO Ensamble Indonesia  binaan musisi Franki Raden dan membawakan lagu Voice of Diversity memperoleh sambutan meriah dari juri dan penonton. Nama Indonesia pun bertengger di papan para juara bersama Azerbaijan sebagai Juara 1 dan Korea Selatan sebagai Juara 2.

INO Ensamble tampil dengan 7 orang personil merupakan versi mini dari Indonesian National Orchestra untuk mengenalkan keragamanan seni musik Indonesia dalam sebuah komposisi, yang memadukan alat-alat musik nusantara, antara lain dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Barat, Betawi, dan Kalimantan,” kata Franki Raden menaggapi kemenangan Indonesia tersebut.

Sharg Taronalari merupakan Festival Musik Tradisional dua tahunan bertaraf internasional dengan dukungan UNESCO dan diliput oleh media cetak dan elektronik Asia dan Eropa. Pertama kali Sharq Taronalari diselenggarakan pada tahun 1997 atas inisiatif mendiang Presiden Islam Karimov.

Tujuan penyelenggaraannya adalah untuk mempromosikan budaya damai dan dialog antar-kebudayaan, memelihara dan mengembangkan keanekaragaman budaya, serta melestarikan warisan musik tradisional. Pada tahun 2015 Sharq Taronalari dimenangkan oleh Tiongkok sebagai Juara 1, yang diikuti oleh Jepang sebagai Juara 2, dan Polandia sebagai Juara 3. (Sumber: KBRI Tashkent)

loading...

Tuliskan Komentar Anda