Ratusan Warga Tolak PT Inexco Jaya Makmur di Pasaman

Ratusan Warga Tolak PT Inexco Jaya Makmur di Pasaman

HORASNEWS.COM-Ratusan masyarakat Nagari Simpang Tonang, Kecamatan Duo Koto, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat berunjuk rasa ke lokasi PT. Inexco Jaya Makmur (IJM). Mereka menolak keberadaan penambangan di lahan warga yang sampai saat ini belum diganti rugi.

Aksi warga ini membawa spanduk, poster dan alat pengeras suara di PT Inexco Jaya Makmur (PT IJM), Minggu (11/03/2018). Aksi ini dikawal aparat kepolisian Pasaman.

Masyarakat Nagari Simpang Tonang, Hari, meminta perusahaan keluar dari tanah ulayat nagari mereka karena masyarakat menduga perizinan PT. IJM yang berada di Nagari Cubadak bukan di Nagari Simpang Tonang.

“Selain itu perusahaan diduga tidak pernah melibatkan tokoh masyarakat, tokoh adat dan pemuda setempat saat proses pengurusan izin pertambangan bahkan sosialisasi sekalipun juga tidak ada,” kata Emilia Zola, tokoh masyarakat.

Masyarakat nagari Simpang Tonang sudah berkali-kali menyurati pemerintah daerah baik di tingkat Kabupaten maupun Provinsi baik dalam bentuk meminta klarifikasi sampai dalam bentuk penolakan namun tidak ada respon.

“Bahkan perwakilan masyarakat sudah menyampaikan secara langsung pada dinas ESDM, DPMTSP serta DPRD Sumbar, namun tidak lanjut dari penyampaian aspirasi tersebut tak kunjung ada,” katanya.

Menurut warga, selain merusak ulayat mereka, sarana dan prasarana seperti jalan ke kampung mereka juga mengalami rusak.

Hingga berakhir aksi, kondisi berjalan aman dan  kondusif, namun pihak PT IJM belum bisa memberikan keterangan resmi.(rel)

loading...

Tuliskan Komentar Anda