Pulau Pandulangan di Samosir

HORASNEWS.COM-Akhir-akhir ini Pulo Pandulangan atau yang lebih dikenal dengan Pulau Tulas menjadi destinasi pariwisata yang sering dikunjungi wisatawan domestik atau mancanegara. Terbukti dengan semakin banyaknya pengguna media sosial yang memposting hasil perjalanannya di sana melalui foto atau vidio, juga dengan caption yang menyatakan kekagumannya.

Untuk sampai ke pulo ini, kita hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar lima belas menit menggunakan kendaraan darat dan kemudian menyebrang menggunakan Solu (kapal kecil) yang disediakan oleh warga setempat hanya dengan membayar Rp 10.000,00- per penyebrangan.

 

Tugu selamat datang Huta Pandulangan | Admin

Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang tidak kalah indahnya. Hamparan Danau Toba yang terbentang luas seakan nyata menyentuh kaki langit. Tidak hanya itu, awan yang arak-arakan menambah keeksotisannya. Ditambah burung-burung bangau yang sesekali melintasi danau semakin menambah keindahan dan kealamiahannya.

“Kalau sore pulau ini lebih cantik. Burung-burung itu akan menutupi pulau,” jelas Simanjorang. Salah satu penyewa solu di Pandulangan, Desa Huta Ginjang, Kecamatan Sianjurmula-mula, Kabupaten Samosir.

Semilir angin akan menemanimu sepanjang perjalanan dengan paduan biru dan hijau yang memanjakan mata.

Pulo ini merupakan pulau tidak berpenghuni. Sejauh mata memandang hanya terbentang semak belukar. Tidak jauh dari perahu dilabuhkan, ada sebuah gua yang dulunya merupakan tempat persembunyian para pro PRRI (Pemerintahan Revolusioner Rebublik Indonesia) sekitar tahun 1985 sebelum menyerahkan diri ke pada pemerintah tahun 1961.

 

Gua Maria bekas persembunyian PRRI |Admin

Bekas gua tersebut sekarang telah dijadikan sebagai wisata rohani. Dengan adanya patung Bunda Maria berdiri dengan anggun di sana.

Tidak hanya itu, di atas perbukitan yang telah ditetapkan UNESCO ini sebagai salah satu wisata geopark ini memiliki Simin yang dibangun pada masa pemerintahan Belanda.

Situs wisata ini, tidak hanya menjadi menawarkan keindahan semata, tetapi juga menarwarkan kisah-kisah sejarah yang hampir di lupakan dalam pelajaran sekolah. Juga wisata rohani yang mampu mendekatkan diri pada Tuhan dan membuat kita lebih mensyukuri anugrahnya.

Jika berkunjung ke pulo ini jangan lupa mengabadikan moment dengan selfie dan jangan lupa pula menguploadnya di akun media sosialmu supaya mendapat likedan viewers tentunya.(REL)

loading...

Tuliskan Komentar Anda