Pilkada Kota Padang Sudah Dilaunching

HORASNEWS.COM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaunching Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2018. Menurut Anggota KPU RI Wahyu Setiawan, di tahun 2018 ada 171 Pilkada serentak.

Launching Pilkada Kota Padang berlangsung di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatra Barat, Jumat (29/09) sore. Launching ini ditandai dengan pemulukan gendang tassa.

Anggota KPU RI Wahyu Setiawan mengatakan, pulau di Jawa, hanya provinsi Banten yang tidak ikut Pilkada serentak 2018. Artinya, secara nasional ada sekitar 60 persen pemilih secara nasional akan ikut dalam pilkada 2018.

“Besar harapan kami pada seluruh pihak untuk tidak segan segan mengkritik kinerja KPU bila terlihat ada yang tidak pada tempatnya. KPU Sifatnya melayani pemilih dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Wawako Padang, Emzalmi mengatakan, sejak era reformasi, sistem pemilihan kepala daerah telah berubah. Dari yang dipilih oleh DPRD hingga dilakukan pem.ilihan secara langsung yang disebut pesta demokrasi.

“Sesuai UU, Pemko wajib membantu memyediakan fasilitas demi kelancaran pilkada, termasuk kebutuhan pwndanaan agar tahapan pilkada berjalan lancar dan sukses,” ucap mahyeldi.

Selain itu, UU juga mengatur bahwa KPU juga dapat meminta bantuan polisi dan TNI umtuk.memgamankan suarat suara, kota suara sesuai aturan berlaku.

“Peseta pilkada bertamggungjawab terhadap aturan berlaku serta mwnjaga kelancaran tahapan pilkada. Peseeta pilkada juga ikut bertanggungjawab mengajak Kknstituenny untuk beramai ramai ke TPS,” ajak Wako. (rel)

loading...

Tuliskan Komentar Anda