PESTI Sumbar Adakan Pelatihan Wasit Soft Tenis

PESTI Sumbar Adakan Pelatihan Wasit Soft Tenis

HORASNEWS.COM-Terobosan yang dilakukan Pengprov PESTI (Persatuan Soft Tenis Indonesia) Sumatera Barat untuk mengadakan Penataran Wasit Soft Tenis Kualifikasi B atau setingkat Wasit Daerah merupakan hal bagus yang patut dilanjutkan. Selain karena PESTI Sumbar merupakan Pengprov yang disegani karena punya prestasi baik di Indonesia, juga karena jumlah wasit soft tenis sampai saat ini masih sangat kurang.

“Seperti  yang dikatakan Bapak Damrah Ketua Pengprov PESTI Sumbar tadi bahwa untuk tingkat nasional, jumlah wasit yang ada baru sekitar 20 orang. Ini tentu saja sangat tidak cukup untuk negeri seluas nusantara kita. Karena itu dengan adanya pelatihan ini diharapkan ke depan akan lebih banyak lagi wasit-wasit tenis berkualifikasi nasional lahir untuk membantu pengembangan soft tenis di Indonesia,” ujar Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful SH, M.Hum saat membuka acara Pelatihan Wasit Soft Tenis tersebut Kamis malam (26/10) di SKB Rawang Kota Pariaman.

Ditambahkan Syaiful, Pengprov PESTI Sumbar saat ini termasuk yang terbaik di Indonesia. Selain Sumbar punya “Ayang” Dwi Rahayu Putri yang merupakan pemain soft tenis nomor satu di Indonesia, Ayang juga merupakan atlet yang telah terpilih mengikuti Asian Games nanti. Pasalnya, pada seleksi nasional untuk Asian Games  yang diadakan 15-16 Oktober 2017 di Jakarta, Ayang menjadi juara dan otomatis masuk Pelatnas Prima Persiapan Asian Games 2017.

Selain Ayang, pada Kejurnas Sof Tenis yang diadakan  dua hari sebelum seleknas, PESTI Sumbar juga merebut 3 medali perunggu. Ketiga perunggu itu diperoleh lewat Runy Utami Putri di nomor tunggal putri serta di nomor ganda putra atas nama Resky Syahputra / Gesha Otista Amara, serta dari nomor ganda campuran atas nama Resky Syahputra / Runy Utami Putri.

“Dengan prestasi seperti itu, saya pikir wajar dan sudah sepantasnya Sumbar memprakarsai untuk dilaksanakan Pelatihan Wasit ini. Tentu saja harapan kita, melalui Pelatihan ini akan banyak wasit-wasit bagus lahir untuk kemajuan soft tenis di Indonesia umumnya dan Sumbar khususnya,” ujar Syaiful.

Sementara Ketua Pengprov PESTI Sumbar Damrah Burhan didampingi Ketua Panitia Pelatihan Asep Sujana menyebutkan bahwa peserta pelatihan ini sampai Kamis malam berjumlah 53 orang. Selain berasal dari beberapa Kabupaten Kota di Sumbar, peserta juga ada yang berasal dari provinsi lain seperti Aceh, Sumut, Jambi, Riau dan Sumsel.

“Biaya ikut pelatihan ini memang kita tetapkan tidak besar. Karena keinginan kita adalah agar makin banyak wasit kita di soft tenis ini. Karena itu pula mungkin yang menyebabkan peserta pelatihan kita ini menjadi cukup banyak,” ujar Damrah.

Para wasit yang ikut pelatihan ini, selain dipersiapkan untuk masa depan, menurut Asep juga akan diterjunkan untuk memimpin pertandingan selama Pra POR-Prov berlangsung. “Tentunya dari pelatihan ini kita akan seleksi mana yang terbaik, yang pantas untuk kita terjun memimpin Pra dan POR-Prov di Pariaman nanti,” tambah Asep. (nns)

loading...

Tuliskan Komentar Anda