Pesona Desa Silalahi di Dairi Menakjubkan

Desa Silalahi di Dairi, Sumut

HORASNEWS.COM-Jika anda ke Danau Toba, jangan lewatkan kawasan panorama di Desa Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara. Kenapa tidak, kawasan ini sangat indah untuk dinikmati.

Perairan Danau Toba di Kecamatan Silahisabungan merupakan palung terdalam yang ada di dunia, dengan kedalaman mencapai 905 meter.

Tao Silalahi juga merupakan bagian dari Danau Toba yang paling luas. Sampai ada perumpamaan orang yang batak yang mengatakan “Tao Silalahi dang tarhabangan lali”. Maksudnya, karena wilayah perairannya yang sangat luas, bahkan elang sekali pun tidah dapat mengelilingi Tao Silalahi.

Bukan hanya pantai, penduduk di Kecamatan Silahisabungan ini juga masih sangat menjunjung tinggi adat kebudayaan. Penduduk yang tinggal di daerah ini pada umumnya bermarga Silalahi.

Pintu Gerbang Desa Sialalhi

Disini juga terdapat Tugu Marga Silalahi yang sangat di percaya kekeramatannya. Mereka percaya bahwa Oppung Silahi Sabunganlah yang menjaga kehidupan mereka. Di Silalahi juga banyak tempat peninggalan masalalu dari nenek moyang marga Silalahi.

Tugu Silahisabungan menjadi saksi keturunan marga Silalahi yaitu terdiri dari Sihaloho, Situngkir, Sondiraja, Sidebang, Sinabariba, Sinabutar, Pintubatu dan Tambunan.

Di tugu ini diukir cerita-cerita dari leluhur marga Silalahi. Keturunan marga Silalahi ini sering berkunjung ke Silalahi untuk berziarah ke Tugu dan mandi di danau di depan tugu.

Tugu Silalahi di Dairi

Mereka sering mengadakan acara untuk menghormati leluhur dan memperkenalkan keturunan mereka pada kebudayaan Silalahi. Acara tahunan yang dirayakan di Tugu Silalahi adalah Pesta Tugu yang biasanya diadakan pada Bulan November tiap tahunnya.

Indah dan menakjubkan. Kata-kata itu pasti akan terucap dari mulut pengunjung yang baru pertama kali melihat Danau Silalahi ( era kolinial Belanda dikenal Aek Silalahi ) yang terletak di Desa Silalahi Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi.

Hamparan pantai indah yang terbentang di sepanjang sisi pantai Danau Silalahi diperkirakan mencapai 28 Km sehingga sangat potensial untuk dijadikan arena olahraga pantai seperti volly pantai.

Mulai dari palung terdalam di dunia dengan kedalaman 905 meter, Danau Silalahi yang berjarak 128 Km dari Kota Medan, juga kaya akan hasil ikan air tawar (ikan mas dan mujair-red), yang kelezatan dan proteinnya menurut masyarakat setempat melebihi ikan sejenis yang berasal dari Vietnam dan Thailand.

Keindahan dari Desa Silalahi di Danau Toba

Pesona lainnya yang dimiliki Danau Silalahi, setiap tahunnya biasanya antara bulan Juni-Juli, ombak di danau tersebut mencapai tinggi 60-70 meter akibat tiupan angin kencang.

“Pemandangan ombak tersebut biasanya dinantikan banyak turis baik lokal maupun mancanegara yang sengaja datang untuk menyaksikan keindahan ombak tersebut,” kata Pardamean Silalahi.

Saat ini di Desa Silalahi hanya terdapat 2 tempat penginapan masing-masing Mess Pemkab Dairi dengan 18 kamar dan 2 hotel melati dengan fasilitas 20 kamar.

Selain itu bila saja dermaga ferry dibangun di Desa Silalahi sehingga kapal-kapal dari Parapat/Danau Toba dapat langsung merapat ke desa tersebut, diyakini akan banyak wisatawan yang berminat untuk menikmati keindahan Danau Silalahi serta berbagai keunikan dan cerita khas di Desa Silalahi. (rel)

loading...

Tuliskan Komentar Anda