Perantau Minang Padati Bandara Internasional Minangkabau

HORASNEWS.COM-Sejak H-8 hingga pukul 15:00 wib H-4 lebaran 1439 H ini, terhitung sudah 32.553 pemudik yang mendarat di Bandara Internasional Minangkabau Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat.

Kedatangan pemudik tersebut diangkut oleh 178 penerbangan. Jumlah ini mengalami peningkatan 24,83 persen dibandingkan periode yang sama pada 2017 lalu. Sebaliknya dari H-8 hingga H-4 jumlah penumpang yang berangkat dari padang menuju jakarta mencapai 25.781 orang.

Mayoritas kedatangan pemudik didomonasi dari daerah Jakarta, Medan dan Jambi. jumlah kedatangan akan terus meningkat mengingat puncak arus mudik di Bandara Internasional Minangkabau diperkirakan akan terjadi pada H-3 atau 12 juni 2018.

“Saya akan meneruskan perjalanan menuju Kabupaten Dharmasraya. Saya sangat bahagia pada lebaran tahun ini, karena memang tidak setiap tahun saya dapat pulang” ujar andri, salah satu pemudik yang mendarat di Bandara Internasional Minangkabau.

Pada arus mudik lebaran tahun ini terdapat penerbangan tambahan di Bandara Internasional Minangkabau dengan kapasitas 108 ribu penumpang dilayani enam maskapai. Karena jalur Jakarta- Padang masuk kategori amat padat, pihak bandara akan melakukan pengawasan ekstra selama arus mudik lebaran. Hal tersebut untuk memastikan pelayanan di bandara kepada pemudik terlaksana dengan baik.

“penumpang akan mencapai puncaknya pada H-3 atau tanggal 12 Juni nanti. Sementara arus balik diperkirakan akan terjadi pada 19-20 Juni serta 23 dan 24 Juni 2018. Di Tanah Air ada tujuh rute amat padat nomor satu Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Padang masuk peringkat tujuh” ujar asisten manager airside operation AP II BIM, Sarno Nano.(eRJe)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here