Pentas Dongeng Nusantara 2917

HORASNEWS.COM-Kementerian Agama akan menggelar International Islamic Education Expo (IIEE) 2017. Berbagai karya akan dipamerkan dan berbagai pentas seni akan ditampilkan. Salah satunya adalah Pentas Dongeng Nusantara.

Kasubdit Pendidikan Agama Islam pada PAUD dan TK, Victoria Elisna Hannah menyampaikan, Pentas Dongeng Nusantara akan menyampaikan pesan pendidikan karakter yang di kemas lewat dongeng Islami. “Dongeng itu bagian dari pembelajaran PAI dan sangat cocok untuk anak-anak. Bahkan orang dewasa pun suka dongeng,” ungkap Victoria di Jakarta, Kamis (09/11).

“Pentas Dongeng Nusantara  mengangkat tema Keberagaman dan Kebhinekaan Islam Nusantara,” sambungnya.

Menurut Victoria, pendidikan karakter religius peserta didik harus ditanamkan sejak dini. Dengan begitu, karakter religius peserta didik akan tertanam kuat dalam dirinya.

“Karakter akan tertanam kuat dengan pembelajaran PAI yang serba menyenangkan sebagai ciri khasnya. Karakter dibentuk oleh nilai agama dan budaya,” ujarnya.

Pentas Dongeng Nusantara dikemas dalam bentuk cerita fabel yang mudah dicerna anak-anak usia dini. Pesan yang diusung akan disampaikan secara berulang tanpa disadari mereka. Pentas dongeng juga akan diiring dengan musik. “ Jadi dongeng dan musik akan dipadukan menjadi satu, menjadi musikaliasi dongeng,” ucapnya.

“Untuk dongeng akan dibawakan oleh Kak Tony dan Kak Ojan. Untuk musiknya akan dibawakan oleh Rhythm of Empowerment (ROE) Musik di bawah pimpinan Pak Bagus,” tambahnya.

Salah satu dongeng yang akan dibawakan adalah cerita tentang monyet dan kura-kura. Dalam cerita tersebut akan muncul beberapa tokoh, yaitu tokoh Monyet, Kura-kura, Gajah, Singa, dan Kuda. Masing-masing tokoh tampil dengan kehebatannya.

“Semua beragam dan berbeda tapi saling menguatkan antara satu dengan yang lainnya,” katanya.

“Penokohan tersebut merupakan analogi sederhana dari keberagaman karakter di Nusantara,” tegasnya.

Victoria menambahkan, sasaran audiens Pentas Dongeng Nusantara adalah pengunjung pameran dan siswa-siswi TK dan SD se-Jabodetabek.

Ayo…saksikan Pentas Dongeng Nusantara pada ajang IIEE 2017 di BSD City Tangerang Selatan. (depag)

loading...

Tuliskan Komentar Anda