Pemkot Medan Rutin Olahraga dengan Masyarakat

HORASNEWS.COM-Warga Kota Medan, Sumatra Utara yang mengikuti Senam Jantung Sehat dan Car Free Day (CFD) di Jalan Pulau Pinang seputaran Lapangan Merdeka cukup ramai, Minggu (08/10).

Mereka penuh  antusias mengikuti gerakan – gerakan yang dipandu sejumlah instruktur, Diharapkan Senam jantung sehat yang digelar Pemko Medan  bersama Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Sumut ini dijadikan warga sebagai olahraga rutin.

Pelaksanaan CFD dan senam jantung sehat pertama kalinya digelar di Jalan Pulau Penang. Pasalnya, Lapangan Merdeka yang selama ini menjadi pusat kegiatan tengah dipergunakan untuk event Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Sumatera Utara  gawean Bank Indonesia (BI) Wilayah Sumatera Utara. Meski  demikian tidak menghalangi masyarakat untuk mengikuti CFD dan senam jantung sehat.

Ramainya Peserta Senam Jantung Sehat yang digelar setiap Minggunya ini Berkat sosialisasi yang terus gencar dilakukan Ketua Umum Yayasan jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumatera Utara, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin, masyarakat pun tampaknya mulai menyadari akan pentingnya kesehatan jantung. Selain itu Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi juga terus mengajak warganya untuk rutin mengikuti Senam jantung sehat agar kebugaran tubuh dan kesehatan jantung mereka terjaga dengan baik.

Sebelum mengikuti senam jantung sehat, Walikota didampingi Kadis Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Medan Mara Husin Lubis beserta sejumlah camat lebih dulu mengelilingi Lapangan Merdeka sebagai warming up (pemanasan).

Usai melakukan pemanasan, Walikota selanjutnya bergabung dengan ribuan masyarakat yang telah memenuhi kawasan titik 0 Kota Medan itu untuk mengikuti senam jantung sehat yang dipandu sejumlah instruktur terlatih.

Dengan penuh semangat, semuanya mengikuti setiap  gerakan instruktur yang bertujuan untuk menjaga kesehatan jantung tersebut.

Selesai senam jantung sehat yang berdurasi tidak sampai satu jam itu, Walikota seperti biasa  langsung memantau pelaksanaan CFD sekaligus kondisi Lapangan Merdeka, termasuk peralatan olahraga yang ada di dalamnya.

Walikota ingin seluruh peralatan olahraga yang ada dalam kondisi baik sehingga dapat dipergunakan masyarakat untuk mendukung kesehatannya.

Selain lapangan Merdeka, sejumlah taman yang ada di Kota Medan juga dilengkapi dengan peralatan olahraga seperti Taman Gajah Mada, Taman Ahmad Yani serta Taman Teladan.

Peralatan olahraga ini diadakan untuk mengajak masyarakat gemar berolahraga dan menjadikan olahraga sebagai budaya dalam kehidupan sehari-hari.

Saya ingin masyarakat gemar berolahraga. Selain membuat tubuh sehat dan bugar, juga akan lahir pikiran positif, kreatif dan inovatif dengan rutin berolahraga.

Jadi saya tak pernah bosan mengajak masyarakat untuk rutin berolahraga. Di samping itu diikuti dengan istirahat yang teratur serta menerapkan pola makan sehat dalam kehidupan sehari-hari, kata Walikota.

Meski senam jantung sehat sudah selesai namun sebagian warga, terutama kaum wanita masih bertahan di lokasi.

Mereka melanjutkannya dengan mengikuti senam aerobik  yang diselenggarakan Dispora Kota Medan bekerjasama dengan salah satu produk pembalut wanita (Feminax).

Apalagi sejumlah hadiah menarik telah disediakan bagi yangn beruntung melalui lucky draw.

Kerjasama ini sengaja dilakukan untuk memotivasi masyarakat gemar berolahraga sesuai dengan instruksi Bapak Walikota. Untuk itulah kita selalu berupaya menggandeng stakeholder yang ada guna mendukung pelaksanaan CFD, kata Kadispora Kota Medan Mara Husin Lubis.

Selain senam aerobik, warga juga memanfaatkan moment CFD untuk melaksanakan olahraga lainnya seperi fun bike, jogging, jalan santai maupun mempergunakan peralatan olahraga yang ada untuk menunjang kebugaran tubuh.

Di samping itu CFD juga  sering dijadikan ajang silaturahmi sejumlah komunitas seperti sepeda ontel, sepatu roda dan  komunitas pelari untuk terus menjalin kebersamaan. (rel)

loading...

Tuliskan Komentar Anda