Pemkab Samosir Lengkapi Toilet Bertaraf Internasional di Lokasi Wisata

Pemkab Samosir Lengkapi Toilet Bertaraf Internasional di Lokasi Wisata

HORASNEWS.COM-Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatra Barat melengkapi sarana dan prasarana di kawasan objek0objek wisata. Salah satunya adalah toilet bertaraf internasional di Kawasan Wisata Menara Pandang Tele, Desa Partungko Naginjang Kecamatan Harian, Samosir.

Peresmian toilet ini dilakukan Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Kepala Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi Kementerian PUPR Rezeki Perangin-angin, Kepala Seksi Analisis Penerapan Balai Litbang Kementerian PUPR  Iim Abdul Karim dan Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan, Agus Sarwono.

Pengguntingan pita tanda diserahkannya pengoperasian Toilet wisata bertaraf internasional ke Pemerintah Kabupaten Samosir yang terletak di Kawasan Wisata Menara Pandang Tele, Desa Partungko Naginjang Kecamatan Harian, Jumat, 23 Maret 2018.

Pembangunan Teknologi IPA dan IPAL ini dilakukan oleh Kementerian PUPR adalah merupakan Penerapan Teknologi Air Bersih dan Air Limbah dalam mendukung Kawasan Pariwisata Danau Toba.

Pemkab Samosir Lengkapi Toilet Bertaraf Internasional di Lokasi Wisata

Teknologi yang digunakan dalam IPA dan IPAL menerapkan 4 teknologi meliputi Air Bersih (Teknologi Aerasi), Air Limbah (Biofil dan Kolam Sanita) serta Reserve Osmose dan dilengkapi dengan Toilet Wisata dan Menara Pandang (One Stop Place for Technologies) bertaraf Internasional.

Keunggulan dari teknologi ini adalah mengurangi kadar Fe (besi) dan Mn (mangaan) serta mengolah air menjadi air siap minum. Artinya dengan teknologi ini air limbah dapat diolah dan diminum sebagaimana air minum biasa. Pembangunan Toilet wisata bertaraf internasional ini bersumber dari Dana APBN Tahun 2017 sebesar Rp. 3.312.250.000,- .

Rezeki Perangin-angin mengatakan, pembangunan ini merupakan bukti dukungan pemerintah pusat dalam mensukseskan program pemerintah yang menetapkan Kabupaten Samosir sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

“Fungsi Penerapan Teknologi ini untuk meningkatkan kualitas sanitasi dan air bersih di salah satu obyek wisata di tepian Danau Toba, juga untuk mempermudah akses wisatawan terhadap prasarana sanitasi dan air bersih serta untuk meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Samosir di kemudian hari” ujarnya. (rel)

loading...

Tuliskan Komentar Anda