Pemda Mentawai Terus Galakkan Keluarga Sehat

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar

HORASNEWS.COM-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat terus menggalakkan Keluarga Sehat. Kali ini, Pemkab juga menggelar lomba kader Posyandu dengan tema “Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku”.

Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat Kortanius Sabeleake membuka lomba kader Posyandu se-Kabupaten Mentawai, di Aula Sekretaris Daerah (Sekda), kemarin.

Lomba yang ditutup Ketua TP PKK Rosmaida Yudas ini dalam rangka penguatan promosi hidup sehat sekaligus ajang untuk memberikan motivasi bagi kader. Lomba ini juga untuk memeriahkan Hari Kesehatan Nasional ke 53.

Wakil Bupati Mentawai mengapresiasi peran kader dengan  sukarela untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat. “Walau tidak digaji, tetapi secara sukarela bekerja untuk  masyarakat,” ujarnya.

Wabup memberikan semangat dan motovasi kepada kader, sehingga pekerjaan dilapangan dalam rangka mewujudkan Mentawai Sehat dengan melakukan gerakan masyarakat hidup sehat terus digalakkkan.

“Hal ini sebagai contoh implementasi Stop Buang Air Besar sembarangan dengan pembangunan jamban kepada masyarakat, meminta kepada masyarakat lewat kader agar suaminya tdk merokok,”  tambahnya.

Ketua TP PKK Mentawai Rosmaida Yudas menyampaikan kepada kader terus menerus berbuat tidak hanya soal penimbangan balita, tetapi juga memperhatikan lingkungan sekitar.

“Bagaimana menyadarkan masyarakat tentang kebersihan, apalagi Mentawai yang dipersiapkan sebagai destinasi pariwisata,” katanya.

Kenangnya, Mentawai pasti bisa, 2015 Mentawai dalam hal ini Desa Sotboyak sudah tercatat sebagai desa terbersih pertama di Provinsi  Sumbar.

“Untuk menyehatkan masyarakat tidak mudah dan banyak variabelnya. Untuk itu kerja semua pihak sangat ditunggu,” ujarnya.

Sementara itu, lomba kader ini, Juara I dan II berhasil diraih dari Perwakilan Posyandu Mapadegat, Juara III Perwakilan Posyandu Sikakap dan Juara Pavorit diraih oleh Posyandu Perwakilan Pusk Sikakap.

Ayoo Laksanakan 7 pesan SIKEREI dengan pendekatan Keluarga, pasti sehat. Untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat tidak mudah dan membutuhkan kerja keras, kerja bersama, juga kesabaran serta konsistensi. (rel)

loading...

Tuliskan Komentar Anda