Ormada Seminar Tarombo Marga di Padang

Ormada Seminar Tarombo Marga di Padang

HORASNEWS.COM– Seluruh ORMADA (Organisasi Mahasiswa Daerah) berasal dari Sumatra Utara (Sumut) di Kota Padang, Sumatra Barat bersatu mengadakan seminar kebudayaan, di Aula BLPT,  jalan  Muhammad Yunus, Lubuk Lintah, Padang.

Seminar ini bertema ” TAROMBO MARGA”, yang membahas tentang asal muasal marga dan adat kebudayaan lainnya yang ada di Sumatra Utara.

Seminar ini menghadirkan Askali Nasution, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumut.

Askali mengatakan, suku Mandailing itu tidak sama dengan suku batak, kalau di lihat dari segi historisnya suku Mandailing itu merupakan suku yang tersendiri bukan termasuk ke dalam suku batak.

Pada saat ini menjadi kekawatiran bersama akan kemungkinan punahnya kebudayaan daerah karena pengaruh kebudayaan nasional, baik pengaruh televisi, media sosial dan pengaruh- pengaruh lainnya.

Sekarang ini, katanya, asal muasal marga dan adat istiadat di Sumut hanya di ketahui para orang tua saja. Sementara di kalangan pemuda banyak yg tidak  mengetahui bahkan ada yang tidak ingin mengetahui. Hal ini merupakan minimnya kesadaran akan pentingny pemeliharaan kebudayaan daerah, ungkapnya

Pemerintah setempat harus ikut serta dalam melestarikan adat kebudayaan daerahnya, misalnya dengan memasukkan pelajaran adat kebudayaan ke dalam kurikulum sekolah atau mengeluarkan perda.

Pesan terakhir beliau kepada peserta seminar, dengan di adakannya seminar kebudayaan ini mampu menimbulkan kesadaran yang tinggi akan perlunya pemeliharaan kebudayaan daerah.

Aris Munandar nasution selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa peserta seminar sangat antusias dalam mengikuti acara ini, di lihat dari penuh nya ruangan bahkan ada yang tidak bisa masuk karna tidak muat lagi.

Tujuan di adakannya seminar ini selain untuk melestarikan kebudayaan daerah juga untuk membangun solidaritas serta menjalin silaturrahmi antara mahasiswa di kota padang yang berasal dari Sumatra Utara. (Budin)

loading...

Tuliskan Komentar Anda