Nikmatnya Minuman JSK di Kafe Nagoya Padang

HORASNEWS.COM- Minuman alami memang banyak khasiatnya. Salah satunya adalah minuman Jahe Serai Kopi (JSK) memiliki khasiat cukup besar. Selain mengeluarkan angin dari badan, juga bisa menambah stamina tubuh.

Di Kota Padang, Sumatra Barat beragam khas kuliner dan minuman, memiliki khasiat cukup besar dan tinggi. Salah satunya yang disuguhkan oleh pelayan Kafe Nagoya Padang, di Jalan Ahmad Yani No 41 Kota Padang adalah Jahe Serai Kopi (JSK).

Minuman ini menjadi khas bagi pengunjung ke kafe Nagoya.  Disini  juga ada teh telor, ragam jus dan makanan seperti nasi goreng kambing, sup ikan dan longtong sayur. Tetapi banyak peminat pengunjung ke kafe ini adalah minuman jahe serai kopi atau bisa dengan teh. Minuman ini beragam khasiat.

Diantaranya, minuman ini bisa mengeluarkan angin dari tubuh, karena campuran jahe. Begitu juga memperbaiki suara atau menghilangkan batuk. Disamping itu, menambah stamina tubuh terutama ketatahanan pisik.

“Sejak saya minum di sini, kondisi tubuh saya sehat terus,” ujar B Harahap, pecinta minuman jahe serai kopi ini, kepada Horasnews.com, Sabtu (21/10/2017).

Menurut penelitian dari berbagai kampus di Indonesia, ada lima kondisi yang mungkin efektif jika diatasi dengan mengonsumsi jahe:

Pusing. Kondisi ini membuat Anda merasa seperti berputar (vertigo) atau kepala terasa ringan (lightheadedness). Dapat juga terasa seperti kehilangan keseimbangan atau terasa melayang. Jahe diduga dapat meringankan pusing dengan cara merangsang aliran darah ke otak. Selain itu jahe dipercaya dapat meringankan mual.

Nyeri menstruasi. Bagi para wanita yang sering merasa nyeri saat menstruasi, bisa coba mengonsumsi ekstrak jahe dengan dosis empat kali sehari selama tiga hari di awal menstruasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe bisa membantu mengurangi gejala nyeri menstruasi. Khasiat jahe sepertinya dapat disamakan dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat.

Mencegah morning sickness. Kondisi mual dan muntah ini kerap dialami oleh beberapa wanita di awal masa kehamilan. Sepertinya kondisi tersebut dapat diminimalisasi dengan mengonsumsi jahe. Namun ingat, ibu hamil tidak boleh sembarang mengonsumsi asupan tertentu, khususnya obat-obatan tradisional. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi jahe.

Osteoarthritis. Menurut sejumlah penelitian, rasa sakit akibat kondisi ini dapat diatasi dengan mengonsumsi ekstrak jahe. Senyawa kimia pada jahe dapat mengurangi zat kimia yang memicu peradangan sendi. Selain itu, jahe juga bisa merangsang tubuh memproduksi asam salisilat, yaitu sebuah zat yang bisa meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Mual dan muntah usai operasi. Mengonsumsi jahe sebelum operasi sepertinya bisa mengurangi rasa mual dan muntah setelah operasi. Selain dikonsumsi melalui mulut, mengoleskan minyak jahe pada pergelangan tangan juga sepertinya bisa mencegah mual.

Sedangkan manfaat serai diminum puluhan manfaat. Diantaranya adaah:

1.Anti Kanker

Sebuah penelitian menemukan bahwa serai mengandung citral, salah satu zat anti-kanker yang dapat membunuh sel kanker. Namun tetap mempertahankan sel atau jaringan sehat dalam tubuh kita. Namun, ini tidak berarti bahwa minum air rebusan serai / teh sendiri akan menyembuhkan kanker secara permanen, melainkan dapat membantu.

  1. Diabetes

Hasil teh serai dapat membantu untuk membersihkan / detoksifikasi pankreas dan meningkatkan fungsinya, sehingga menurunkan tingkat gula darah pada penderita diabetes.

  1. Anemia

Zat besi yang terkandung dalam daun serai penting untu ksintesis hemoglobin (protein dalam sel darah merah bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh). Serai dapat membantu untuk berbagai jenis anemia, terutama yang disebabkan dari kekurangan zat besi.

  1. Membersihkan Bakteri dan Infeksi Jamur

Berkat kandungan sifat anti-septik, minum teh sereh dapat membantu untuk menghilangkan mikro-organisme jahat dalam tubuh, detoksifikasi dan membersihkan darah, menghilangkan bakteri, jamur atau ragi.

  1. Anti Inflamasi dan Anti Septik

Karena sifat anti-inflamasi dan anti-septik, jus serai dapat digunakan sebagai herbal penting untuk mengobati arthritis, asam urat dan radang saluran kemih.

Minuman bercampur jahe dan serai yang disuguhkan di Nayoya ini rasanya sangat enak.

Prosesi pembatannya tidak terlalu rumit dan lama. Jahe itu diiris kecil-kecil dan serainya ditokok lalu dimasukkan ke minuman kofi yang sudah bercampur gula. Lalu dilarutkan hingga rasanya menyatu, rasa jahe , serai dan kofi manis bercampur. Jika tidak percaya coba datang ke kafe Nagoya ini, pasti anda dimanjakan dengan minuman ini.

Alamat:

Jalan Ahmad Yani No 41 (Kafe Nagoya) Kota Padang, Sumatra Barat, No Telepon (0751)-811545.

 

loading...

Tuliskan Komentar Anda